Breaking News

Zona Merah Agar Dilakukan Penebalan PPKM

Zona Merah Agar Dilakukan Penebalan PPKM

BLANGKEJEREN, ACEHPORTAL.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menerangkan, sejak 15 hingga 28 Juni untuk daerah zona merah agar dilakukan penebalan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan wilayah zona merah dapat diisolasi.

Demikian disebutkannya melalui Video Conference (Vidcon) Senin kemarin yang disaksikan Bupati Gayo Lues, Muhammad Amru dan seluruh unsur forkopimda setempat.

Dikatakan Airlangga, berdasarkan tren kenaikan kasus COVID-19 maka perlu dilakukan peningkatan kapasitas tempat tidur di seluruh rumah sakit agar ditingkatkan 40 persen, khususnya kabupaten/kota dengan zonasi merah dan Bed Occupancy Rate (BOR) diatas 60 persen.

Ia juga mengingatkan, forkopimda harus mendampingi kepala daerah dan khususnya Kepala Dinas Kesehatan dalam mengendalikan kasus COVID-19 di daerah, serta penerapan protokol kesehatan betul-betul dicek dan dikontrol, termasuk mengenai kedisiplinan penggunaan masker. 

Karena dengan menerapkan pola semacam ini, kata dia, dapat menurunkan resiko sampai dengan 98,5 persen dari risiko penularan COVID-19.

Tentu, sambung Airlangga, ini merupakan tugas para bupati dan wali kota agar menurunkan trend peningkatan COVID-19 di daerah masing-masing dengan menerapkan prokes, terutama penebalan PPKM Mikro sambil melakukan evaluasi.

Kegiatan berlangsung di Gedung Bale Pendopo Bupati Gayo Lues yang dihadiri Bupati, Muhammad Amru didampingi Wakil Bupati, Said Sani, Dandim 0113/Gayo Lues, Letkol Inf Yudhi Hendro Prasetyo, Kapolres Gayo Lues, AKBP Carlie Syahputra Bustamam, Kajari, Ismail Fahmi, Kadis Kesehatan, Riadus Shalihin, Ketua Mahkamah Syariah, T Swandi dan pejabat lainnya.