YAHijau Gelar Kick-off dan Sosialisasi Program Peulara di Aceh Singkil

YAHijau Gelar Kick-off dan Sosialisasi Program Peulara di Aceh Singkil(Zulkarnain/ACEHPORTAL.com)
YAHijau Gelar Kick-off dan Sosialisasi Program Peulara.

SINGKIL, ACEHPORTAL.com - Yayasan Aceh Hijau (YAHijau) menggelar kegiatan kick off Meeting sosialisasi untuk Program Penguatan Lingkar Remaja Aceh (Peulara) sekaligus pelatihan Fasilitator Muda dampingan dan Mitra lokal dari program Feulara di Aula Kantor Bappeda Aceh Singkil, sejak Rabu (22/9/2021) kemarin. 

Program tersebut kerjasama YAHijau didukung oleh Unicef dan Bapedda Aceh untuk mendukung partisipasi Remaja menjadi warga yang aktiv, anak-anak yang mandiri yang bisa berkontribusi untuk pembangunan daerahnya masing-masing.

Kegiatan itu diikuti dari kabupaten kota masing-masing sebanyak lima desa, dengan rincian peserta Remaja hingga 20 orang. 

Dikonfirmasi, Penanggung jawab Project Peulara Aceh, Maulinasari mengatakan bahwa ari ini ada agenda Kick-off metting untuk kegiatan Peulara. 

"Nah, kegiatan Kick-off ini bertujuan untuk sosialisasi awal dalam kegiatan program Peulara yang akan kita laksanakan di Aceh Singkil di tahun 2021 ini, kalau untuk program Peulara sendiri kita akan melaksanakan di tiga kabupaten kota di Aceh, yang pertama kita laksanakan di Banda Aceh, kemudian di Sabang dan sekarang ini kita laksanakan di Aceh Singkil ini," kata dia.

"Jadi ini program failet, kemudian ini sendiri untuk masing-masing kabupaten kota akan membentuk lima lingkar Remaja, lima Lingkar Remaja ini mewakili lima desa per kabupaten kota. Nah, ada lima desa seperti di Banda Aceh, lima di Sabang kemudian lima desa di Aceh Singkil," terangnya.

Kemudian, untuk Lingkar Remaja nya sendiri, terdiri dari dua puluh remaja tapi tidak menutup kemungkinan jika seandainya ada Remaja lainnya yang ikut bergabung.

"Nah, remajanya sendiri berusia dari 10 sampai dengan 19 tahun yang kemudian mungkin kita akan kelompokkan menjadi dua kelompok belajar, misal dari 10 sampai dengan 14 tahun satu kelompok kemudian anak-anak usia 15 sampai dengan 19 tahun satu kelompok, Insya Allah besok dilaksanakan langsung pelatihan," sebutnya.

"Harapannya yang pasti melalui program ini kita bisa mendukung partisipasi Remaja menjadi warga yang aktiv dalam artian mereka adalah anak-anak yang bisa mandiri yang bisa berkontribusi untuk pembangunan daerahnya masing-masing," tuturnya. 

Kemudian, keesokan harinya dilaksanakan pelatihan untuk para peserta berlokasi di Hotel Yolan alamat Gampong Pulo Sarok Kecamatan Singkil, selama tiga hari.

Saat dikonfirmasi, Maulinasari selaku Penanggung jawab Project Peulara Aceh itu Kamis (23/9/2021) menyampaikan bahwa sekarang sedang ada pelatihan Peulara untuk Fasilitator Muda. 

"Tujuannya adalah untuk melatih para Fasilitator muda agar tau bagaimana cara meningkatkan kapasitas Remaja di daerah nya masing-masing, dalam pelatihan tersebut kita juga melatih temen-temen untuk menggunakan Kick Remaja, jadi ada Kick yang kita gunakan dalam kegiatan Lingkar Remaja nanti, dari peserta lima desa itu," katanya.

Jadi, lanjut dia, teman-teman nantinya setelah pelatihan mereka akan kembali ke desa dengan membentuk Lingkar Remaja yang terdiri dari dua puluh remaja tersebut.

"Untuk pelatihan ini sendiri kita udah melaksanakan di Banda Aceh dan kota Sabang, di Banda Aceh dan Sabang sendiri sekarang mereka tahapannya sedang sosialisasi dengan pihak desa untuk kegiatan Lingkar Remaja ini," sebutnya.

"Nah, setelah pelatihan baik itu di Singkil semoga sama seperti Banda Aceh dan Sabang sebelumnya, jadi nanti teman-teman Fasilitator itu akan mengadakan sosialisasi kepada orang tua dan Remaja yang ada di desa, tujuannya agar ada rasa kepercayaan bagi orang tua untuk memberikan atau mendukung Remaja ataupun anak-anak nya untuk ikut serta dalam kegiatan Lingkar Remaja ini," pungkasnya.

Editor:
Rubrik:Daerah