Wabah Lalat Serang Pemukiman Warga di Abdya

Wabah Lalat Serang Pemukiman Warga di Abdya
Wabah Lalat Serang Pemukiman Warga di Abdya. (Ist)

BLANGPIDIE, ACEHPORTAL.com - Wabah lalat, menyerang permukiman warga di Kecamatan Kuala Batee, Aceh Barat Daya (Abdya). 

Warga mulai resah, lantaran khawatir lalat itu akan menyebarkan penyakit yang berdampak pada gangguan kesehatan.

Informasi yang dihimpun ACEHPORTAL.com, dilaporkan delapan gampong di kecamatan tersebut diserang wabah lalat sejak sepekan yang lalu.

Diduga wabah lalat tersebut berasal dari kandang ayam pedaging yang terletak di wilayah itu.

Delapan gampong yang terkena imbas wabah lalat tersebut, diantaranya Gampong Ie Mameh, Rumoh Panyang, Alue Pisang, Lhok Gajah, Muka Blang, Krueng Batee, Lama Muda dan Gampong Keude Baro.

Salah seorang warga, Ismail mengeluh karena jumlah lalat sangat banyak hinggap di pekarangan halaman belakang, bahkan sampai masuk dalam rumah.

"Ngeri melihatnya, kalau berkerumun tampak menghitam karena jumlahnya cukup banyak sekali," ungkap Ismail, Rabu (19/5/2021).

Dikatakannya, penyebab banyak muncul lalat itu diduga berasal dari tempat usaha peternakan ayam milik perusahaan PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk.

Ia dan warga lainnya mengaku sudah tidak nyaman lagi akibat wabah itu. Seharusnya tambah Ismail, pihak pengelola memikirkan dampak dari usahanya itu.

"Jangan sampai mengambil keuntungan diatas penderitaan masyarakat," keluhnya.

Terkait masalah itu, Kepala Dinas Kesehatan Abdya Safliati, SST Mkes saat dikonfirmasi ACEHPORTAL.com, mengatakan belum menerima laporan resmi dari masyarakat.

Pihaknya mengaku memperoleh informasi tersebut dari salah satu sumber awak media.

Ia menyatakan Dinas Kesehatan sudah menurunkan petugas kesehatan lingkungan (Kesling) dari Puskesmas ke wilayah tersebut.

"Kalaupun ada, efek yang ditimbulkan oleh lalat ini bisa menyebabkan penyakit yang serius, seperti diare," kata Safliati. 

Hanya saja, dia mengimbau masyarakat untuk menjaga kesehatan salah satunya dengan menutup makanan dengan baik, menjaga kebersihan dan lingkungan tempat tinggal.

Salain itu, kata Safliati Dinas Kesehatan Abdya juga sudah berkoordinasi dengan pihak dinas terkait untuk mengatasi serangan lalat tersebut.

"Kita bahkan sudah berkoordinasi dengan dinas Peternakan dan dinas Perkim LH untuk segera dilakukan penanganan yang tepat," pungkasnya.