Upaya Meningkatkan Kehandalan Jaringan di PLN Teunom Dengan Program 3T

Upaya Meningkatkan Kehandalan Jaringan di PLN Teunom Dengan Program 3T
Upaya Meningkatkan Kehandalan Jaringan di PLN Teunom Dengan Program 3T

TEUNOM,ACEHPORTAL.com – PLN ULP Teunom terus berupaya meningkatkan kehandalan sistem kelistrikan di sebagian Kabupaten Aceh Jaya dan Aceh Barat.

Salah satunya dengan melakukan program grebek penyulang 3T (Tebang, Terukur, Tuntas) terhadap pepohonan produktif atau non-produktif yang dekat dengan kabel jaringan listrik PLN di Kecamatan Woyla Barat, Woyla Timur dan Woyla Induk. 

Kegiatan ini diketuai oleh SPV Teknik Kantor Pelayanan Kualabhee atas kesepakatan dan perintah langsung oleh Manager ULP dengan bekerja sama sebagian personil dari mitra Pelayanan Teknik (Yantek) dan tim rintis (PT. Arta Melta)

Dalam briefing persiapan kegiatan, Manager ULP Teunom, M. Purkan mangatakan kegiatan ini kita lakukan secara konsisten dan berkelanjutan untuk dapat meminimalisir gangguan terhadap jaringan listrik yang disebabkan oleh pepohonan yang berjarak dekat dengan kabel jaringan listrik. 

"Ini dilakukan untuk kehandalan jaringan listrik tetap terjaga dan listrik dapat tersalurkan secara baik dan aman ke rumah-rumah warga," katanya. 

Persiapan kegiatan ini dilakukan secara bertahap yaitu seminggu sebelum kegiatan ini dilaksanakan diawali dengan sosialisasi ke masyarakat tentang bahaya listrik yang disebabkan oleh pepohonan dan melakukan negosiasi agar mengizinkan pohon-pohon warga, baik pohon liar ataupun pohon-pohon produktif.

"Yang berjarak dekat dengan kabel jaringan listrik dapat direlakan untuk ditebang atau dibersihkan supaya masyarakat ada persiapan saat petugas PLN melakukan pekerjaan.

Keuchik Desa Simpang Teumarom Hasan menyampaikan menyambut baik kegiatan yang dilakukan PLN dalam meningkatkan kehandalan jaringan listrik. 

"Kami menyadari akan bahaya yang nantinya bisa terjadi jika dahan-dahan pohon itu mengenai kabel listrik ataupun pohon tersebut tumbang akibat cuaca buruk. Pastinya akan berbahaya bagi masyarakat sekitar," ucapnya. 

Ia menyampaikan warga desa Simpang Teumarom telah berkomitmen untuk memberikan izin tebang seluruh Pohon yang mendekati Jaringan Kabel PLN. 

"Sinergi antara PLN dan masyarakat akan terus terjalin untuk menghadirkan pelayanan yang optimal kepada pelanggan," ungkapnya.

Rubrik:Teknologi