Breaking News

Upaya bersama TNI-Polri, Pemda dan Komponen Masyarakat Lainnya dalam Penanganan Banjir di Aceh Timur

Upaya bersama TNI-Polri, Pemda dan Komponen Masyarakat Lainnya dalam Penanganan Banjir di Aceh Timur

Aceh Timur, Acehportal.com - Curah hujan dengan intensitas tinggi pada Rabu (2/12/2020) mengakibatkan meluapnya air Sungai Peureulak dan Arakundo. Alhasil, 266 desa di 19 kecamatan terendam banjir.

Banjir yang melanda sejak Jumat 4 Desember 2020 itu terpaksa membuat ribuan warga terpaksa mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Proses evakuasi warga ini dilakukan oleh petugas gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, Pemda, Basarnas, BPBD setempat, dan komponen masyarakat lainnya.

Sejak hari pertama terjadinya banjir hingga sekarang, kehadiran TNI sangat dirasakan perannya oleh masyarakat. Tanpa kenal lelah, para prajurit bersama Polri dan komponen masyarakat lainnya masih tetap setia hadir di tengah-tengah bencana untuk menolong masyarakat.

Sejumlah tindakan telah dilakukan oleh personel Kodim 0104/Aceh Timur, anggota Pos AL Lanal Lhokseumawe, serta Polres Aceh Timur bersama dengan Pemda dan komponen masyarakat lainnya. Mereka saling bahu-membahu dalam penanganan banjir ini.

Langkah-langkah yang dilakukan di antaranya, menyelamatkan warga ke tempat yang lebih aman, melakukan pencarian terhadap korban yang hilang, mendistribusikan logistik, mendirikan posko kesehatan, memberikan bantuan sembako, dan mendirikan dapur umum untuk memenuhi sejumlah kebutuhan warga korban banjir.

Bupati Aceh Timur, H. Hasballah bin M. Thaib yang kerap disapa Rocky bersama Dandim Aceh Timur dan Kapolres Aceh Timur, termasuk TNI AL (Dan Pos AL Aceh Timur) selalu berkoordinasi dan juga meninjau langsung ke titik lokasi bencana. Para unsur Forkopimda Aceh Timur ini juga turut menyerahkan bantuan kepada warga.

Tak hanya itu, beberapa komponen masyarakat lainnya juga turut serta melakukan aksi sosial guna mengurangi beban para pengungsi banjir di Aceh Timur, seperti dari organisasi Pemuda Pancasila, KNPI dan Komunitas Mobil Hard Top Aceh dari Kota Langsa.

Para petugas kesehatan juga harus diapresiasi. Mereka selalu siap siaga memberikan layanan kesehatan.

Berdasarkan laporan sementara Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Jumat (11/12/2020), kondisi mulai berangsur pulih dan warga mulai kembali ke rumahnya masing-masing.

Rubrik:Kodam IM