Breaking News

Tugu Cut Nyak Dhien di Beutong Ateuh Banggalang Terbengkalai

Tugu Cut Nyak Dhien di Beutong Ateuh Banggalang Terbengkalai

Sukamakmue, Acehportal.com - Monumen Pahlawan Nasional Tugu Cut Nyak Dhien di Gampong Blang Puuk, Kecamatan Betong Ateuh Banggalang, Nagan Raya tampak terbengkalai. Lokasi tempat bersejarah itu juga mulai dipenuhi dengan rumput serta keramik yang sudah mulai terlepas.

Diketahui, Tugu Cut Nyak Dhien ini dibangun pada tahun 2012 oleh Pemerintah Kabupaten Nagan Raya. Hal itu dilakukan untuk membuktikan bahwa pahlawan nasional asal Aceh ini pernah menetap di Beutong Ateuh Banggalang dalam melawan penjajah Belanda.

"Namun sayangnya Tugu Cut Nyak Dhien itu sudah tidak terawat lagi, tugu ini kan merupakan tempat bersejarah dimana Cut Nyak Dhien pada saat itu pernah menetap di desa kami pada saat melawan penjajah Belanda, tapi sayang tugu yang berkontraksi permanen itu dibiarkan terbengkalai," kata warga setempat, Tarmizi kepada Acehportal.com Minggu (10/1/2020).

Sebelumnya, Tugu Cut Nyak Dhien ini juga sering menjadi lokasi yang kerap dikunjungi warga untuk wisata serta diisi dengan kegiatan napak tilas. Namun sayang, setelah lokasi tersebut dipenuhi rumput tebal dan bangunan mulai rusak pengunjung pun mulai jarang yang datang.

"Seharusnya Pemkab Nagan Raya perlu memperhatikan bangunannya yang saat ini mulai tidak terawat. Jika tugu ini dirawat Insyaallah akan menjadi momen bersejarah dan dapat diketahui oleh anak cucu kita nanti bahwa Cut Nyak Dhien itu merupakan sosok pejuang dalam menumpas penjajahan Belanda," ujar Tarmizi.

Dikatakannya, tugu tersebut juga membuktikan bahwa sebelum dibawa ke Sumedang, Jawa Barat, Cut Nyak Dhien Pada saat itu pernah singgah beberapa waktu lalu di kawasan pegunungan, Kecamatan Betong Ateuh Banggalang, Nagan Raya.

Berdasarkan hal itulah, Pemkab Nagan Raya mendirikan sebuah tugu bersejarah tersebut pada tahun 2012 silam yang berlokasi di Gampong Blang Puuk dan letaknya berdekatan dengan batu besar tempat Cut Nyak Dhien singgah pada saat masa penjajahan Belanda dulu.

Tarmizi pun berharap kepada pemerintah terkait agar tempat bersejarah tersebut yakni Tugu Cut Nyak Dhien perlu diperhatikan dan dirawat supaya tempat bersejarah ini tidak lenyap begitu saja.

"Kita pun tahu bahwa Cut Nyak Dhien Ini merupakan sosok pejuang dalam menumpas kolonial Belanda," ungkapnya.

"Semoga apa yang telah kita lakukan selama ini dapat memberikan pemahaman dan edukasi kepada masyarakat bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak melupakan jasa para pahlawan," tutupnya.

Rubrik:Daerah, Umum