Breaking News

TNI-Polri dan Muspika Pante Bidari Pantau Luapan Sungai Arakundo yang Genangi Dua Desa

TNI-Polri dan Muspika Pante Bidari Pantau Luapan Sungai Arakundo yang Genangi Dua Desa(Edi/ACEHPORTAL.com)
Kawasan yang terendam banjir akibat luapan Sungai Arakundo.

IDI RAYEUK, ACEHPORTAL.com - Akibat intensitas curah hujan cukup tinggi, Sungai Arakundo meluap sehingga menggenangi dua desa di wilayah Kecamatan Pante Bidari, Aceh Timur, Rabu (24/11/2021).

Menyikapi hal tersebut, Muspika dan TNI-Polri Kecamatan Pante Bidari meninjau langsung daerah yang terdampak banjir yakni Desa Blang Seunong dan Desa Pante Labu.

Dimana, desa tersebut berada di dataran rendah dan berdekatan dengan Sungai Arakundo, sehingga luapan air sangat rentan untuk menggenangi desa tersebut.

Danramil 20/Pante Bidari, Kapten Arh Syafari menyampaikan, saat ini pihaknya bersama Polri dan Muspika memantau serta melakukan imbauan kepada masyarakat untuk tetap waspada dan bersiaga.

Dikarenakan, cuaca saat ini masih terlihat mendung dan tidak menutup kemungkinan jika hujan datang volume air Sungai Arakundo bertambah dan akan menggenangi pemukiman warga yang lebih meluas.

"Hasil pantauan di lapangan hingga saat ini situasi luapan air telah berangsur surut dan situasi di daerah tersebut dalam keadaan kondusif untuk debet air sudah berangsur turun dengan ketinggian lebih kurang 10 hingga 60 sentimeter," jelas Danramil.

Adapun upaya yang telah dilaksanakan saat ini, tambah Danramil, pihaknya tetap melakukan pemantauan dan mengimbau kepada masyarakat agar tetap siaga dan laporkan cepat bila ada luapan air susulan.

"Kita bersama muspika menyiapkan daerah pengungsian sementara dan berkordinasi dengan pihak BPBD Aceh Timur untuk penanganan selanjutnya," tambah Danramil.

Editor:
Rubrik:Daerah