Breaking News

Tindaklanjuti Pelaksanaan Vaksinasi Usia 12 Hingga 17 Tahun, Muspika Kluet Selatan Lakukan Sosialisasi

Tindaklanjuti Pelaksanaan Vaksinasi Usia 12 Hingga 17 Tahun, Muspika Kluet Selatan Lakukan Sosialisasi(Safdar/ACEHPORTAL.com)
Kapolsek Kluet Selatan, Iptu Andrianus T saat memberikan pengarahan terkait vaksinasi Covid-19 usia 12 hingga 17 tahun di MAN 2 Aceh Selatan, Sabtu (28/8/2021).

TAPAKTUAN, ACEHPORTAL.com - Muspika Kluet Selatan terus gencar melakukan sosialisasi pelaksanaan vaksinasi umur 12 hingga 17 tahun. Kali ini, bersama KUA Kluet Selatan, muspika menggelar rapat koordinasi dengan Komite Madrasah Aliyah Negeri 2 Aceh Selatan, Sabtu (28/8/2021).

Dalam sambutannya, Kepala MAN 2 Aceh Selatan, Ridwan mengajak wali siswa MAN 2 Aceh Selatan untuk bersama-sama menyukseskan program vaksinasi Covid-19 kepada siswa usia 12 hingga 17 tahun yang saat ini tengah mengenyam pendidikan di MAN 2 Aceh Selatan.

Hal senada juga disampaikan Ketua Komite MAN 2 Aceh Selatan, Sudirman. Ia meminta dukungan wali siswa agar program itu dapat terlaksana dengan sukses guna memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19 di kalangan para siswa umumnya masyarakat Aceh Selatan.

Kapolsek Kluet Selatan, Iptu Andrianus T juga mengingatkan pentingnya vaksinasi terhadap siswa, terlebih lagi kepada siswa kelas 3 yang akan melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

"Kita tidak tau kedepannya sertifikat vaksinasi bisa saja menjadi salah satu syarat atau administrasi, oleh sebab itu kesempatan ini jangan di sia-siakan," ucapnya.

Sementara, Camat Kluet Selatan, Muriadi mengingatkan situasi dan kondisi pandemi saat ini maka pelaksanaan vaksinasi adalah suatu kebutuhan yang penting demi meningkatkan daya tahan tubuh setiap individu agar terhindar dari penularan Covid-19.

Dalam hal pelaksanaan vaksinasi, lanjutnya, apa yang dilakukan pemerintah bukanlah hal yang bodoh atau membahayakan rakyat. Hanya saja, banyak kalangan yang termakan isu hoaks yang tidak jelas asal usulnya sehingga menganggap vaksin adalah sesuatu yang berbahaya. 

"Mari kita membentengi diri dengan melaksanakan vaksinasi selagi pemerintah masih memfasilitasi dan memberikan obat pencegahan Covid-19 secara gratis," ajak Muriadi.

Hal ini juga dipertegas langsung Kepala KUA Kluet Selatan, Julijar. Menurut dia, jika dilihat pada sisi dan pandangan kacamata Islam pelaksanaan vaksinasi sangat penting.

"Jadi apa yang telah dikonsepkan oleh pemerintah jangan kita abaikan, sebagaimana yang telah difatwakan oleh MUI pelaksanaan vaksinasi telah berlebel halal secara hukum Islam karena menyangkut kemaslahatan umat, kami mengajak masyarakat untuk melakukan vaksin demi keselamatan kita bersama," ajaknya.

Kapolres Aceh Selatan, AKBP Ardanto Nugroho melalui Kapolsek Kluet Selatan Iptu Andrianus T kepada wartawan mengatakan kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan, memberikan edukasi prokes dan pemahaman terhadap para orang tua siswa tentang pentingnya pelaksanaan vaksinasi terhadap anak dengan tujuan untuk menambah imun dan kekebalan tubuh.

"Sosialisasi vaksinasi dan Covid-19 juga langsung disampaikan oleh pihak Puskesmas Kluet Selatan, pihak sekolah MAN 2 Aceh Selatan sepakat membuat surat pernyataan persetujuan dari para wali murid dan dalam tenggang waktu seminggu surat tersebut akan dikumpulkan kembali," tutupnya.

Editor:
Rubrik:Kesehatan