Breaking News

Tim Jibom Evakuasi dan Ledakkan Bom Rakitan Peninggalan Masa Konflik yang Ditemukan Operator Beko di Aceh Utara

Tim Jibom Evakuasi dan Ledakkan Bom Rakitan Peninggalan Masa Konflik yang Ditemukan Operator Beko di Aceh Utara
Tim Jibom Evakuasi dan Ledakkan Bom Rakitan Peninggalan Masa Konflik yang Ditemukan Operator Beko di Aceh Utara. (Ist)

LHOKSUKON, ACEHPORTAL.com - Tim Jibom dari Satuan Gegana Brimob Polda Aceh yang dipimpin Iptu M Razali mengevakuasi dan meledakkan bom rakitan peninggalan masa konflik yang ditemukan di Gampong Pucok Alue Buket, Kecamatan Baktiya Barat, Aceh Utara, Sabtu (8/5/2021) kemarin.

Sementara, personel Polsek Baktiya Barat mengimbau dan mengarahkan masyarakat untuk menjauh dari lokasi pendisposalan bom tersebut.

Satu unit ambulans dan tenaga medis dari Puskesmas Baktiya Barat juga disiagakan di lokasi sebagai langkah antisipasi dari efek pendisposalan.

"Tim Jibom melakukan pendisposalan terhadap bom yang ditemukan hingga pipa besi dari bom itu menjadi pecah dengan sisa beton di dalamnya," ujar Kapolres Aceh Utara, AKBP Tri Hadiyanto melalui Kapolsek Baktiya Barat Ipda Fauzan, Minggu (9/5/2021).

Sebelumnya diberitakan, benda diduga bom ditemukan di kawasan Gampong Pucok Alue Buket, Kecamatan Baktiya Barat, Aceh Utara, Rabu (5/5/2021).

Benda itu ditemukan oleh seorang operator ekskavator (beko) yakni Ilyas, warga Lhokseumawe saat sedang meratakan tanah kebun milik warga gampong setempat yakni Sanusi.

Kapolres Aceh Utara, AKBP Tri Hadiyanto melalui Kasubbag Humas, Iptu Sudiya Karya mengungkapkan, penemuan benda diduga bom itu kemudian langsung dilaporkan Ilyas ke Mapolsek Baktiya Barat. 

"Menerima informasi itu Kapolsek Baktiya Barat, Iptu Fauzan bersama personel langsung ke lokasi untuk melakukan pengamanan. 

Di lokasi, polisi langsung memasang garis polisi. Hal ini dilakukan agar warga sekitar tak mendekat guna menghindari hal-hal yang tak diinginkan.

"Untuk tindak lanjut, Polres Aceh Utara telah memohon bantuan Polda Aceh untuk mengerahkan tim Jibom Brimob mengevakusi benda yang diduga bom tersebut," kata Kasubbag.