Breaking News

Terombang Ambing Lima Hari di Laut, Lelaki Thailand Ini Diselamatkan Nelayan Aceh Timur

Terombang Ambing Lima Hari di Laut, Lelaki Thailand Ini Diselamatkan Nelayan Aceh Timur
Penyelamatan dan penanganan WNA Thailand oleh Nelayan Aceh Timur yang ditindaklanjuti Kasat Polairud. (Ist)

IDI RAYEUK, ACEHPORTAL.com - Seorang lelaki asal Thailand bernama Pim Manaf Langmaja (22), terombang ambing di lautan sejauh 50 mil dari Kuala Idi, Aceh Timur selama lima hari. 

Ia ditemukan oleh Musliadi, Pawang KM Althaf Jaya, warga Gampong Kuala Idi Cut, Kecamatan Idi Cut, Aceh Timur bersama Muliadi (25) dan Hariandi (40) yang merupakan nelayan setempat, Sabtu (19/06/2021).

Kasat Polairud Polres Aceh Timur, Iptu Zainurrusydi menjelaskan, warga Thailand itu ditemukan Kamis (17/6/2021) sore kemarin sekitar pukul 18.00 WIB. 

Saat itu, Pawang KM Althaf Jaya, Musliali sedang berlayar dan mendengar suara orang meminta tolong.

Ketika terlihat, ternyata ada seorang lelaki yang sedang terombang ambing di laut menggunakan jaket keselamatan dan menggunakan pelampung dari styrofoam.

Musliadi beserta pekerja kapal motornya tersebut menolong korban yang kemudian melaporkan kejadian ini kepada Herman selaku Panglima Laot Idi Cut.

Pada Sabtu (19/6/2021) sekira pukul 06.00 WIB warga negara Thailand tersebut pun sampai di Kuala Idi Cut.

Menurut keterangan Musliadi, korban diperkirakan sudah terombang ambing selama lima hari di laut di titik lokasi koordinat 5°48.557' N 97°44.557' E.

Selanjutnya, pihak Dinas Kesehatan melaksanakan tindakan swab antigen terhadap WNA asal Thailand itu dengan hasil test negatif.

Pihak Imigrasi Kota Langsa pun lalu membawa korban untuk penanganan selanjutnya.