Breaking News

Terima Laporan Masyarakat, Kapolres Aceh Singkil Perintahkan Tertibkan Knalpot Blong

Terima Laporan Masyarakat, Kapolres Aceh Singkil Perintahkan Tertibkan Knalpot Blong
Sejumlah knalpot blong yang disita petugas dari puluhan pengendara motor di Aceh Singkil. (Zulkarnain/ACEHPORTAL.com)

SINGKIL, ACEHPORTAL.com - Menghindari rasa risih serta bising dari pengguna knalpot racing (blong) saat beribadah, masyarakat melapor secara lisan ke Kapolres Aceh Singkil.

Menerima laporan itu, Kapolres Aceh Singkil memerintahkan Kapolsek Singkil untuk menertibkan tepatnya pada malam lebaran, Rabu (12/5/2021).

Pantauan ACEHPORTAL.com, penertiban itu berlangsung di depan Mapolsek Singkil, berhubung kantor tersebut berdekatan dengan masjid kabupaten yang hanya berjarak sekitar lebih kurang seratus.

Dalam kegiatan yang dipimpin langsung Kapolsek Singkil itu, Bupati Aceh Singkil, Dulmusrid bersama forkopimda diketahui sedang melaksanakan takbiran menyambut Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah

Saat dikonfirmasi, Kapolres Aceh Singkil, AKBP Mike Hardy Wirapraja melalui Kapolsek Singkil, Iptu Mawardi mengungkapkan, kegiatan yang dilakukan adalah menertibkan para pengguna knalpot motor blong. 

"Kami ini kan bersifat razia tapi razia humanis cuma dan nggak kami pertanyakan yang lain-lain, cuma kami sesuai dengan perintah Pak Kapolres, hanya razia humanis, untuk penindakan yang punya knalpot blong khusus roda dua itu aja, kalau yang lain nggak kami tahan berhubung banyak yang lewat tadi nggak kami tanya yang penting begitu knalpot blong lewat kami sita motornya, kami suruh pasang knalpot standar kemudian kami suruh balik dan tidak ada penindakan yang lain," ungkap Iptu Mawardi.

Ia juga mengatakan, kegiatan yang dilakukan sesuai juga dengan Operasi Seulawah Ketupat 2021. Selain itu, penertiban ini dilakukan atas dasar laporan dari masyarakat.

"Bahwa di sini tiap tahunnya kalau mau pas malam lebaran, orang itu ada balap liar dengan memperluaskan knalpot blong jadi kami pun langsung diperintahkan," tuturnya.

Apalagi, lanjut dia, Bupati Aceh Singkil juga mengaku merasa risih dengan adanya suara knalpot blong tersebut saat dirinya shalat tadi. 

"Beliau langsung bilang kalau bisa tangkap habis, kebetulan disampaikan Pak Bupati sama anggota disana dibilangnya, cuman pencegahan itu aja supaya masyarakat beribadah aman dan nyaman," terangnya.

Dalam kegiatan itu, sebanyak dua puluh personel dikerahkan yang terdiri dari personel jajaran Polres Aceh Singkil khususnya Polsek Singkil dan Satu Lantas serta TNI hingga Satpol PP. 

"Kita enam belas, TNI dua personel, kemudian Satpol PP empat personel, kita lima belas personel itu termasuk dari Sat Lantas Polres Aceh Singkil, turut gabung namun di bawah kendali kita," jelasnya.

Diketahui, sekitar dua puluh unit motor terjaring razia penertiban knalpot blong tersebut. Pihaknya pun berharap kepada para pemuda dan anak remaja agar tak lagi menggunakan knalpot blong tersebut guna menjaga kenyamanan dan ketertiban dalam bermasyarakat.

"Jadi kalau memang menggunakan sepeda motor harus menggunakan knalpot standar, pakai plat BL, pakai helm, apalagi kita saat ini status dalam pandemi Covid-19, wajib selalu menggunakan masker agar kita terhindar dari bahaya virus Corona," pungkas Mawardi.

Editor:
Rubrik:Daerah, Hukum, Umum