Breaking News

Terbukti Langgar Qanun Jinayah, Tiga Pria di Aceh Selatan Jalani Hukuman Cambuk

Terbukti Langgar Qanun Jinayah, Tiga Pria di Aceh Selatan Jalani Hukuman Cambuk
Algojo sedang mengeksekusi ketiga pelaku pelanggaran Qanun Aceh Nomor 6 Tahun 2014 tentang Hukum Jinayah perbuatan uqubat ta'zir cambuk sebanyak 100 kali, Selasa (29/06/2021). (ACEHPORTAL.com/ Safdar S)

TAPAKTUAN, ACEHPORTAL.com - Tiga pria yang terbukti telah melanggar Pasal 34 Qanun Aceh Nomor 6 Tahun 2014 tentang Hukum Jinayah berupa perbuatan zina menjalani hukuman cambuk di halaman Kantor Dinas Syariat Islam Aceh Selatan, Tapaktuan, Selasa (29/03/2021).

Ketiga terpidana adalah H, R dan AH yang masing-masing menerima hukuman uqubat sebanyak 100 kali sesuai vonis hakim Mahkamah Syariah Tapaktuan. Sebelumnya ketiga pelanggar syariah ini ditangkap polisi di Terminal Tapaktuan setahun yang lalu.

"Ketiga pelanggar itu sebelumnya telah menjalani hukuman uqubat cambuk pada tahun lalu, hari ini ketiganya menjalani sisa hukuman dan Alhamdulillah berjalan lancar dan aman," kata Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Aceh Selatan, Heru Nugroho melalui Kasi Pidum, Rista Zullibar.

Rista mengatakan, hukuman Uqubat yang dilakukan kepada tiga orang pelaku pelanggaran syariat islam tersebut yaitu H dengan sisa pidana Uqubat Ta'zir cambuk sebanyak 80 kali setelah sebelumnya dicambuk sebanyak 20 kali.

Sedangkan R menerima uqubat cambuk sebanyak 68 kali setelah sebelumnya dilaksanakan cambuk sebanyak 32 kali dan AH dicambuk sebanyak 92 kali.

Pelaksanaan uqubat ta’zir cambuk terhadap para terpidana tetap menerapkan protokol kesehatan yang melibatkan pengawasan dari tim dokter Puskesmas Tapaktuan dan pengamanan dari pihak Polres Aceh Selatan, Satpol PP dan Wilayahtul Hisbah Aceh Selatan.

Dalam acara eksekusi tersebut turut hadir forkopimda dan Kepala SKPK setempat berserta staf Kejaksaan.

Editor:
Rubrik:Hukum