Breaking News

Tekan Klaster Corona di Mesjid, TNI di Abdya Bagikan Masker

Tekan Klaster Corona di Mesjid, TNI di Abdya Bagikan Masker

BLANGPIDIE, ACEHPORTAL.com -Jajaran Babinsa Kodim 0110/Abdya membagikan masker kepada jamaah shalat isya dan tarawih tersebar di sembilan Kecamatan dalam Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Sabtu (1/5/2021) malam.

Hal tersebut disampaikan Dandim 0110/Abdya, Letkol Inf Arip Subagiyo melalui Pasi Intel Kapten Inf Fajar Setyawan, Minggu (2/5/2021).

"Kegiatan pembagian masker kepada para jamaah shalat Isya dan tarawih ini kita lakukan untuk menghindari agar tidak terbentuknya klaster baru penyebaran Covid-19 di Mesjid," kata Kapten Fajar.

Menurutnya, kendati program vaskinasi telah digulirkan dan telah dijalani oleh sebagian lapisan masyarakat, namun penerapan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan wajib tetap harus dilakukan.

"Tanpa terkecuali juga berlaku untuk para jamaah yang ada di mesjid atau mushalla," tegasnya.

Pasi Intel menjelaskan, tanpa mengurangi kekhusyukan dalam beribadah dan syarat sah shalat, kebijakan pelaksanaan shalat berjamaah pada masa pandemi ini sudah diatur oleh pemerintah.

Hal itu sebut dia berdasarkan peraturan pemerintah yang tertuang dalam Instruksi Presiden Nomor 6 tahun 2020.

Dalam Inpres tersebut pelaksanaan shalat berjamaah di Mesjid atau mushalla tetap mempedomani protokol kesehatan (Protkes) Covid-19, salah satunya dengan memakai masker bagi para jamaah.

Ia menyatakan pandemi Corona telah menjadi polemik bagi seluruh dunia dan terus mewabah penyebarannya. Untuk menekan laju angka penyebaran virus Wuhan itu, Mekkah saja yang notabenenya merupakan kiblat bagi umat Islam juga telah menerapkan hal yang sama.

"Kita lihat di berita, di Masjidil Haram Mekkah, itu shalat berjamaahnya diatur ketat dengan pedoman protkes. Jadi, tidak ada alasan bagi kita mengabaikan protkes saat shalat berjamaah di mesjid. Kita berharap dengan momentum ini kesadaran dan disiplin warga terhadap protkes semakin meningkat," ulasnya.

Tidak hanya membagikan masker, dalam aksi itu Babinsa Kodim 0110/Abdya juga mengingatkan para jamaah agar penyelenggaraan shalat Isya dan tarawih dilaksanakan dengan kaedah protokol kesehatan pencegahan covid-19.

Iklan idul fitri gub