Breaking News

Tahfiz Camp Ramadhan di MTSN 1 Abdya Ditutup, 28 Orang Mampu Hafal 1 Juz Quran

Tahfiz Camp Ramadhan di MTSN 1 Abdya Ditutup, 28 Orang Mampu Hafal 1 Juz Quran
Para peserta penghafal 1 juz Alquran berfoto bersama dengan pihak jajaran sekolah MTSN 1 Abdya, Sabtu (24/4/2021). (Ist)

BLANGPIDIE, ACEHPORTAL.com - Kegiatan Tahfiz Alquran Camp Ramadhan 1442 H yang digelar di Sekolah Madrasah Tsanawiyah (MTS) Negeri 1 Aceh Barat Daya (Abdya) resmi ditutup, Sabtu (24/4/2021).

Sejak kegiatan dibuka oleh Kakemenag Abdya, Salihin Mizal pada 15 April lalu. Camp Tahfiz Quran Ramadhan itu melahirkan 28 orang peserta yang mampu menghafal 1 Juz Alquran. Turut hadir saat itu Wabup Abdya, Muslizar MT.

Kepala Sekolah MTSN 1 Abdya, Erdiwar usai acara penutupan kepada ACEHPORTAL.com mengatakan, kegiatan tahfiz quran camp Ramadhan tersebut telah berlangsung selama 10 hari mulai tanggal 15 hingga 24 April 2021.

Kegiatan dilakukan dengan sistem non karantina berlangsung dari pukul 08.00 WIB pagi hingga pukul 15.00 WIB siang. 

"Kegiatan ini diikuti oleh 258 peserta. Mereka berasal dari berbagai jenjang pendidikan mulai SD, MI, SMP, SMA dan mahasiswa. Bahkan ada juga dari masyarakat umum," ujar Erdiwar didampingi Koordinator Guru Tahfiz, Eka Satria.

Dalam kegiatan tahfiz camp Ramadhan itu, jelas Erdiwar, panitia pelaksana menyediakan dua kategori kelas yakni kelas tahfiz dan kelas tahfiz-tahsin. 

Pada kelas tahfiz, kata dia, para peserta khusus menghafal alquran saja, sedangkan kelas tahfiz-tahsin para peserta selain menghafal juga ikut memperbaiki bacaannya.

Dikatakannya, kegiatan ini dilaksanakan oleh lembaga tahfiz yang sudah berdiri pada tahun 2018 lalu di MTSN 1 Abdya. Lembaga itu dibawah pembina tahfiz, Putriani. 

Pada tahun 2021, kegiatan tahfiz camp ramadhan merupakan yang perdana dilakukan oleh pihak sekolah. 

"Alhamdulillah kegiatan tahfiz al quran camp ramadhan tahun ini berjalan sukses dan lancar," imbuhnya.

Lebih lanjut dikatakan Erdiwar, Program tahfiz alquran merupakan program unggulan di sekolah. Program ini sengaja digagas dengan tujuan untuk melahirkan generasi penghafal alqurn di Abdya.

"Berhubung Pak Kakemenag ada halangan, kegiatan tahfiz quran camp ramadhan tadi sore ditutup oleh Kasie Pendidikan Islam Kemenag Abdya, Bapak Adihar," sebut Erdiwar.

Penutupan kegiatan tahfiz quran camp ramadhan 1442 H ini dirangkai dengan acara buka puasa bersama para peserta dan pihak sekolah, serta penyantunan kepada 36 orang anak yatim.

Iklan idul fitri gub
Iklan bub gayo lues