Breaking News

Subulussalam Butuh Kantor Imigrasi

kiblat.net
kiblat.net

Aceh Portal, Subulussalam - Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Aceh diminta untuk segera membuka kantor imigrasi di Kota Subulussalam karena selama ini masyarakat Aceh Singkil, Subulussalam, dan Tapaktuan harus pergi ke Meulaboh, Aceh Barat untuk mengurus paspor.

“Selama ini untuk mengurus paspor kami harus ke Meulaboh yang berjarak tempuh cukup jauh. Sudah saatnya kantor imigrasi dibuka di Subulussalam, sehingga warga Aceh Singkil dan Tapaktuan cukup datang ke sini,” kata Ketua Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) Perwakilan Subulussalam, Edi Sahputra S.Sos kepada Analisa, Senin (25/1).

Menurut Edi, masyarakat Subulussalam sangat membutuhkan kantor imigrasi karena jumlah warga yang mengurus paspor semakin meningkat, seperti paspor haji dan umrah serta untuk berobat dan kunjungan wisata. Apalagi masalah ini sudah pernah dijanjikan pihak terkait sebelumnya.

Menanggapi permintaan itu, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Aceh, Suwandi SH MH mengatakan, pihaknya akan  mengkaji tentang kelayakan pembukaan kantor imigrasi di Subulussalam.

Suwandi mengaku tidak tahu ada janji pimpinan Kemenkumham sebelumnya untuk membuka kantor imigrasi di Subulussalam. Namun, ia berjanji akan mengkaji ulang jika pemerintah setempat mengajukan permohonan secara resmi.

“Ajukan lagi permohonan akan kami kaji, karena sebelumnya saya cek belum ada masuk surat permohonan dari Subulussalam,” kata Suwandi yang dikonfirmasi melalui sambungan telepon seluler.

Secara terpisah, Sekdako H Damhuri SP MM mengatakan, sebelumnya Pemko Subulussalam sudah pernah mengajukan surat permohonan pembukaan kantor imigrasi, namun sampai hari ini belum ada tindaklanjut dari Kemenkumham Aceh.

“Jika Kemenkumham Aceh meminta disurati kembali, kami akan segera mengirimkannya untuk percepatan pembangunan kantor imigrasi di Subulussalam. Dulu sudah pernah disurati, bila perlu akan disurati lagi,” tandas Damhuri.

Sumber: Analisa

Rubrik:Daerah, News
JMSI