Soal Plasma Perkebunan Kelapa Sawit, Kadis Perkebunan Tak Pernah Berhasil Dikonfirmasi

Soal Plasma Perkebunan Kelapa Sawit, Kadis Perkebunan Tak Pernah Berhasil Dikonfirmasi(Zulkarnain/ACEHPORTAL.com)
Kantor Dinas Perkebunan Aceh Singkil.

SINGKIL, ACEHPORTAL.com - Sebelumnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Singkil telah menggelar pertemuan dengan pimpinan perusahaan kelapa sawit yang ada di Aceh Singkil. Pertemuan sebelumya itu berlangsung di Hotel Four Points Medan pada Rabu, (6/10/ 2021) lalu.

Saat pertemuan, hadir Bupati Aceh Singkil, Dulmusrid, staf ahli, unsur Bappeda, para pimpinan dan anggota DPRK Aceh Singkil, Kepala SKPK dan para staf ahli serta pimpinan perusahaan yang ada di Aceh Singkil.

Sementara, dalam kesempatan itu Pemkab Aceh Singkil dan para pimpinan perusahaan menyepakati beberapa poin, diantaranya memfasilitasi pembangunan kebun masyarakat (plasma) seluas 20 persen dari luasan Hak Guna Usaha (HGU) yang di kelola oleh perusahaan dengan pola kerjasama. 

Untuk diketahui, bentuk dari pola kerjasama itu diantaranya seperti pola kredit, pola bagi hasil, bentuk pendanaan lainnya yang disepakati. 

Kesepakatan tersebut juga bahwa pihak perusahaan berkomitmen dengan tenggang waktu masing-masing, perencanaan dalam waktu satu bulan, pendataan dalam waktu tiga bulan, pelaksanaan dalam waktu enam bulan.

Bupati Dulmusrid membenarkan telah ada kesepakatan dengan pimpinan perusahaan kebun kelapa sawit. Sebab, kesepakatan itu merupakan harapan masyakarat Aceh Singkil yang selama ini belum terwujud.

"Selain itu, pihak perusahaan kelapa sawit juga berkomitmen merealisasikan persentase pemotongan pembelian wajib TBS yang sebelumnya dua setengah persen menjadi dua persen," sebut Dulmusrid.

"Untuk selanjutnya bisa juga dikonfirmasi Dinas Perkebunan Aceh Singkil," tutur Dulmusrid lagi.

Dikonfirmasi, Kepala Dinas Perkebunan Aceh Singkil, Zulkifli di kantornya yang berada di Desa Kampung Baru, Kecamatan Singkil Utara, Aceh Singkil tak pernah berhasil ditemui ACEHPORTAL.com. 

Terakhir kali dikonfirmasi hari ini, Jumat (15/10/2021), didapatkan informasi dari stafnya bahwa ia sedang melakukan Dinas Luar (DL). 

Sementara, dikonfirmasi pun melalui sambungan dan WhatsApp pun oleh ACEHPORTAL.com, sudah lama tidak pernah dapat terhubung sampai berita ini diturunkan.

Editor:
Rubrik:Daerah