Breaking News

Sigap Tangani Bencana Banjir di Aceh Selatan, Masyarakat Apresiasi Kinerja Kalaksa BPBD

Sigap Tangani Bencana Banjir di Aceh Selatan, Masyarakat Apresiasi Kinerja Kalaksa BPBD
Warga Gampong Pasie Kualaba'u sekaligus Panglima Laot Kluet Utara, Zamhuri. (ACEHPORTAL.com/Safdar)

TAPAKTUAN, ACEHPORTAL.com - Kesigapan BPBD Aceh Selatan dalam penanganan bencana alam, baik banjir maupun longsor dan lain sebagainya mendapat respon positif dari masyarakat.

Pasalnya, di tengah keterbatasan, BPBD Aceh Selatan terus berkomitmen memberikan pelayanan terbaik terhadap masyarakat dan kawasan yang ditimpa bencana.

Respon positif ini disampaikan salah seorang warga Gampong Pasie Kualaba'u, Kecamatan Kluet Utara, Zamhuri kepada ACEHPORTAL.com menanggapi kesigapan dan ketangguhan personel BPBD baik itu personel pemadam kebakaran, Pusdalops BPBD Aceh Selatan serta bidang lainnya.

"Kami melihat betapa sigapnya personel BPBD yang tidak lain adalah putra-putri Aceh Selatan dalam melaksanakan tugasnya disaat daerah menghadapi bencana," ucapnya, Rabu (7/7/2021). 

Ia menilai, kesigapan dan ketangguhan petugas BPBD tersebut tidak terlepas dari koordinasi yang baik yang dilakukan pimpinannya dibawah komando Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Cut Syazalisma, sehingga setiap tugas dapat tertangani dengan baik.

"Ya ini merupakan hasil dari manajemen yang baik yang dimiliki BPBD, dimana setiap penanganan bencana secara bertahap terus dipantau, dilaporkan lalu diterjunkan petugas ke lapangan, sehingga apa yang menjadi kebutuhan baik itu masyarakat maupun lokasi yang tertimpa bencana dapat ditangani dengan baik," ujarnya penuh semangat.

Tak hanya itu, menurutnya, ketangguhan personel dalam melaksanakan tugas di tengah bencana juga penuh dengan tanggung jawab. Di setiap kegiatan penanggulangan terlihat apa yang dilaksanakan petugas tanpa menunggu perintah.

"Artinya telah tertanam pada masing-masing petugas, apa dan bagaimana melakukannya, ini tentu saja suatu role model yang diikuti dari pimpinannya, sangat tangguh, sigap dan terlatih," sambungnya.

Ia menimpali, di tengah keterbatasan lantaran adanya pengaruh dari Pandemi COVID-19, BPBD Aceh Selatan terus hadir di tengah-tengah masyarakat memberikan solusi kepada warga yang terdampak bencana, musibah kebakaran dan lain sebagainya.

"Di setiap ada bencana mereka hadir, mengevakuasi warga, mendata warga terdampak, mendirikan dapur umum, tentu saja itu hasil dari pengendali yang selalu siaga disetiap saat," ujarnya.

Ia menilai, BPBD Aceh Selatan juga sangat cakap dalam menjalin kerjasama tim, koordinasi dengan pihak terkait lainnya serta terus mengembangkan pelayanan kearah yang lebih maju, sehingga tidak salah jika banyak pemuda yang menggemari BPBD sebagai salah satu wadah untuk mengabdi kepada masyarakat.

"BPBD tak hanya hadir sendiri, kerjasama tim terlihat saat terbangun koordinasi dengan pihak TNI-Polri atau Brimob, Tim PUPR, PMI, SAR dan masyarakat, bahkan dalam penanggulangan banjir luapan Sungai Kluet BPBD juga melibatkan pihak mahasiswa KKN dari Universitas Syiah Kuala, mereka terus berkolaborasi demi mencapai satu tujuan dalam melaksanakan misi kemanusiaan dan pengabdian," beber Panglima Laot Kluet Utara ini.

Untuk itu, lanjut Zamhuri, dedikasi dan pengabdian BPBD Aceh Selatan dibawah komando Kalaksa BPBD Aceh Selatan, Cut Syazalisma patut diapresiasi, dijadikan model dalam melaksanakan tugas, koordinasi dan kerjasama tim yang selalu terjaga dan pengorbanan mereka kepada masyarakat Aceh Selatan tak boleh dipandang sebelah mata.

"Semoga Kalaksa dan personelnya selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam melanjutkan pengabdian kepada masyarakat, selalu sigap dan tangguh serta berkomitmen memberikan yang terbaik dalam melayani masyarakat," pungkasnya.

Editor:
Rubrik:Daerah