Breaking News

Sidang Pemeriksaan Saksi Perkara Dugaan Korupsi RTLH Dilanjutkan Hari ini

Sidang Pemeriksaan Saksi Perkara Dugaan Korupsi RTLH Dilanjutkan Hari ini

SINGKIL, ACEHPORTAL.com - Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Banda Aceh kembali menggelar sidang terkait perkara penyelewengan anggaran Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) pada Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnaker) Aceh Singkil Tahun Anggaran 2016 secara virtual, Selasa (23/3/2021).

Sidang perkara penyelewengan dana ini, Minggu lalu juga telah dilaksanakan dengan agenda pemeriksaan saksi yang menjerat masing-masing terdakwa adalah JD (bekas Kadinsosnaker), TR (PPTK) dan RS (Bendahara).

Sementara, penyidik kejaksaan telah mengantongi hasil perhitungan kerugian negara atas kasus tersebut yang nilainya mencapai Rp 232 juta dari anggaran proyek senilai Rp 1 miliar.

Hari ini, sidang digelar dengan agenda pemeriksaan saksi dan saksi yang dihadirkan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Aceh Singkil sebanyak delapan orang yang langsung juga diperiksa di Pengadilan Tipikor Banda Aceh.

Hal tersebut disampaikan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Muhammad Husaini melalui Kasi Pidana Khusus Kejari Aceh Singkil, Delfian kepada ACEHPORTAL.com, Selasa (23/3/2021) malam.

"Agenda sidang hari ini pemeriksaan saksi, kita kemarin mendatangkan saksi ke Pengadilan Tipikor Banda Aceh itu sebanyak delapan orang, tiga diantaranya saksi dari TKSK dan lima orang saksinya itu dari masyarakat penerima manfaat RTLH tersebut," ungkapnya.

Delfian menyampaikan, sebelumnya mereka akan menghadirkan saksi untuk mengikuti sidang sebanyak tujuh belas orang.

"Namun yang bisa hadir cuman delapan orang, kebetulan sebagian saksi itu sudah lanjut usia, jadi nggak bisa ke Banda Aceh karena tidak kuat lagi untuk duduk," ujarnya.

Saat disinggung jumlah saksi yang akan diperiksa, Delfian menyampaikan, untuk saksi seperti penerima RTLH itu banyak.

"Nah, agenda sidang tadi ditunda, dilanjutkan selasa depan dan sidangnya itupun masih tahap pemeriksaan saksi. Nanti yang kita hadirkan betul-betul mampu untuk bisa hadir ke Banda Aceh," terang Delfian

Delfian menambahkan, sidang tadi dilaksanakan dimulai pukul 14.10 WIB. "Dan sidangnya selesai pada pukul 18.15 WIB," tutup Delfian.

Rubrik:Daerah, Hukum