Breaking News

Setahun Lebih Terpakai, Jamban Umum Dari Dana Desa Sangat Memperihatinkan

Setahun Lebih Terpakai, Jamban Umum Dari Dana Desa Sangat Memperihatinkan
Setahun Lebih Terpakai, Jamban Umum Dari Dana Desa Sangat Memperihatinkan. (Zulkarnain/ACEHPORTAL.com)

SINGKIL, ACEHPORTAL.com - Baru setahun lebih dipakai jamban umum dari Dana Desa (DD) tahun Anggaran 2019 Pembangunan untuk Gampong Teluk Rumbia Kecamatan Singkil, Aceh Singkil ini sangat memperihatinkan.

Pasalnya, jamban umum yang menelan dana hampir 40 juta itu, luput dari perhatian Pemerintahan Kampung setempat, sehingga dikhawatirkan akan terbenam terbawa air.

Sementara, jamban umum itu sangat dibutuhkan warga yang berhadapan langsung cuman berbatas sungai dengan Wisata Lae Terkhep Rawa Singkil itu.

Sehingga, pada tahun 2019 pihak Pemeritah Gampong dan Masyarakat sepakat untuk pembangunan jamban umum dan jamban itu juga langsung ditambat kawasan Masjid Gampong Teluk Rumbia.

Pantauan ACEHPORTAL.com, jamban tersebut memang sangat dibutuhkan warga setempat seperti mengambil air wudhu, mandi dan buang air. Bahkan saat dipantau ada pedagang sayuran sedang jualan yang dibawa melalui sungai.

Saat dikonfirmasi warga Gampong Teluk Rumbia, Erna Tinambunan yang sedang membeli sayur membenarkan bahwa jamban itu sangat dibutuhkan.

"Namun sayang, sampai saat ini pemerintah gampong seakan tidak peduli, karena dinilai luput perhatian mereka," ungkap Erna, Sabtu (24/4/2021).

Ia juga mengatakan, persoalan itu jangan dibiarkan pemerintah gampong agar bisa diperbaiki dibulan puasa ini supaya memudahkan masyarakat yang menggunakannya. 

"Karena berada dekat masjid, takutnya jamban umum ini tenggelam begitu saja, uang rakyat itu bisa mubajir," terang Erna

Saat disinggung apakah persoalan tersebut sudah berlarut, Erna menyampaikan, sekitar satu atau dua bulan.

"Mirisnya, kami perempuan juga paham mengatasi ini, tinggal cari batang (kayu) terapung untuk dibikin dari bawah jamban ini agar bisa kembali mengapung," harap Erna. 

Saat dikonfirmasi terpisah, Kepala (Keuchik) Gampong Teluk Rumbia, Kamaluddin, melalui telepon ACEHPORTAL.com tak bisa dihubungi hingga berita ini diturunkan.

Editor:
Rubrik:Daerah, Umum