Sering Terima Laporan Komisi V DPRA Sidak Pelayanan RSUZA

Sering Terima Laporan Komisi V DPRA Sidak Pelayanan RSUZA
Komisi V DPRA sidak RSUD ZA

BANDA ACEH, ACEHPORTAL.COM - Komisi V DPRA yang membidangi kesehatan, Rabu (24/3/2021) siang, melalukan inspeksi mendadak (Sidak) ke Rumah Sakit Umum Zainal Abidin (RSUZA) Banda Aceh. Sidak ini dilakukan terkait adanya laporan masyarakat mengenai pelayanan di rumah sakit plat merah itu.

Pimpinan dan anggota Komisi V DPRA yang melakukan sidak yakni, Fahlevi Kirani (Ketua), Iskandar Usman Al-Farlaky (Sekretaris), Asib Amin (Wakil ketua), Muslim Syamsuddin, Syamsuri, Sofyan Puteh, Anshari Ansari Muhammad, dr Purnama, dan Nora Indah Nita.

Begitu tiba di RSUZA, Komisi V Dpra langsung sidak ke IGD. Petugas IGD ditanya terkait pelayanan.

Setiba di RS dan sempat menanyakan kondisi pasien di IGD, datang Plt. Direktur RSUD Zainoel Abidin dr. Endang Mutiawati dan turut mendampingi rombongan.

Kunjungan Komisi V DPR Aceh melakukan sidak tersebut terkait dengan adanya informasi beberapa temuan terkait pelayanan yang diberikan RSUDZA terhadap masyarakat Aceh terkesan tidak sepenuh hati dan masih jauh dari standar pelayanan yang baik.

Komisi V DPR Aceh melakukan Sidak sejumlah ruangan RSUD ZA rombongan didampingi oleh Plt. Direktur RSUD Zainoel Abidin dan sejumlah staf, mengunjungi sejumlah ruangan seperti IGD, Unit Transfusi Darah, Instalasi Bedah Sentral dan mengunjungi sejumlah ruangan rawat inap yang rencana akan direnovasi pada tahun 2021

Komisi V DPR Aceh M.Rizal Falevi Kirani Ketua Komisi V DPR Aceh mengatakan “kepada BPJS Kesehatan selaku badan penyelenggara jaminan sosial harus benar – benar berupaya untuk memberi pelayanan terbaik untuk rakyat Aceh, dan kepada management Rumah Sakit harus lebih meningkatkan pelayanan terhadap pasien," pintanya kepada pihak BPJS Kesehatan.

M.Rizal Falevi juga menyampaikan kepada Plt. Direktur RSUD Zainoel Abidin supaya ruangan harus segera diperbaiki dan ditata kembali, seperti atap bocor, sejumlah pendingin ruang rawat inap yang tidak berfungsi serta beberapa Alat kesehatan masih banyak yang rusak, Management rumah sakit harus benar – benar melakukan pembenahan guna memastikan seluruh layanan rumah sakit tetap akan berlangsung dengan baik.

Dalam sidak itu, Komisi V DPRA juga mengorek informasi terkait pelayanan yang diberikan. Para politisi ini meminta agar petugas memberi pelayanan prima kepada warga.

Selanjutnya sidak dilakukan ke bangku antrian bagi keluarga pasien yang mendaftar kamar. Di sini Sekretaris Komisi V Iskandar Usman Al-Farlaky mewanwancara warga apakah mereka sudah lama menunggu atau tidak. "Bapak sudah lama antri di sini. Apakah dilayani dengan baik atau tidak," tanya Al-Farlaky

Warga yang ditanyai spontan menjawab," Saya lagi nunggu diberikan kamar dan akan menjalani operasi pemasangan pen di kaki pak," jawab warga tersebut di hadapan rombongan Komisi V dan Plt Direktur RSUZA dr Endang. Dr Endang bersama stafnya yang ikut mendampingi kedatangan tim Komisi V.

Kemudian sidak dilakukan ke ruang OK, ICU, dan ruangan yang akan direhab dengan APBA, radiologi, MRI, BPJS, ruang Mina. Pihak Komisi V juga meminta manajemen RSUZA segera merenovasi dan mengganti AC yang anggarannya sudah diplotkan di APBA 2021. (Parlementaria)

Rubrik:DPRA
jmsi bank aceh
JMSI BPKA
JMSI