Breaking News

Seorang Warga Filipina Dievakuasi Medis di Selat Benggala

Seorang Warga Filipina Dievakuasi Medis di Selat Benggala(Dok. Basarnas Banda Aceh)
Proses evakuasi medis terhadap kru kapal MV Investos X di Selat Benggala, Selasa (16/11/2021).

BANDA ACEH, ACEHPORTAL.com - Tim Basarnas melakukan evakuasi medis terhadap seorang warga Filipina yang merupakan kru kapal kargo bernama MV Investos X, Selasa (16/11/2021).

Proses evakuasi medis tersebut dilakukan di kawasan perairan Selat Benggala yang dekat dengan Desa Melingge, Kecamatan Pulo Aceh, Aceh Besar.

Untuk diketahui, kapal MV Investos X merupakan kapal kargo berbendera Liberia yang berlayar dari Zhousan, China menuju Cape of Ghope, Afrika Selatan.

Kakansar Banda Aceh, Budion mengatakan, kru kapal yang dievakuasi bernama Joseph Rey G Boston, warga Filipina. Ia diketahui mengalami sakit dengan gejala pusing dan muntah dengan tekanan darah 166 per 119.

"Evakuasi ini dilakukan setelah adanya permintaan dari pihak kapal tersebut, dimana salah satu krunya mengalami sakit serius hingga harus segera dievakuasi," ucap Kakansar. 

Setelah menjemput korban menggunakan KN SAR Kresna yang dinakhodai oleh Kapten Supriyadi, tim SAR gabungan kembali berlabuh di Pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh sekitar pukul pukul 12.30 WIB tadi.

"Tiba di pelabuhan yang bersangkutan kita tes swab dengan hasil negatif, kemudian dibawa ke RSUDZA Banda Aceh menggunakan ambulans untuk mendapatkan penanganan medis," jelasnya.

Proses evakuasi ini, lanjut Budiono, juga melibatkan pihak Imigrasi, KSOP Malahayati, Bea Cukai, TNI-Polri, KKP serta Ageng Pelni dan lainnya. 

Editor:
Rubrik:Peristiwa