Seorang Kakek yang Kritis Dievakuasi dengan Angkong

Seorang Kakek yang Kritis Dievakuasi dengan Angkong
Pak sarung dievakuasi dengan angkong dan rakit. (Ist)

IDI RAYEUK, ACEHPORTAL.com - Seorang kakek yang merupakan warga Gampong Pante Kera yang sakit parah dievakuasi Bhabinkamtibmas Polsek Simpang Jernih melalui sarana seadanya dengan angkong dan rakit menuju RSUD Aceh Tamiang, Minggu (30/5/2021).

Menerima laporan adanya warga sakit parah di wilayah hukum Polsek Simpang Jernih, Bripka Edy Purnawirawan bersama Bripka Dennis R langsung menuju ke lokasi dan membantu kakek yang harus segera dievakuasi ke rumah sakit tersebut.

Seperti dikatakan Kapolsek Simpang Jernih Ipda Saidir, saat itu personel Polsek Simpang Jernih sedang melaksanakan patroli di Gampong Batu Sumbang, kemudian berjumpa dengan warga yang membutuhkan bantuan untuk mengevakuasi Pak Sarung (80) warga Gampong Pante Kera yang sakit parah.

"Naluri anggota Polri sebagai pengayom dan pelindung masyarakat yang selalu melekat pada kedua anggota Polsek Simpang Jernih tersebut langsung memberikan pertolongan kepada Pak Sarung," tutur Kapolsek.

Dimana, Pak Sarung yang kesehatannya kian memburuk mengalamai penyakit batu karang dan kelumpuhan yang sudah bertahun kemudian keluarga melapor ke Puskesmas Simpang Jernih. 

Selanjutnya, Pak Sarung dari rumahnya di Pante Kera dievakuasi oleh Bhabinkamtibmas diangkut menggunakan perahu getek atau rakit. Setelah tiba di Gampong Batu Sumbang, Pak Sarung langsung dibawa dengan menggunakan angkong atau gerobak sorong.

"Hal itu dilakukan oleh anggota sesuai sarana yang ada untuk melewati medan yang sulit dilalui," aku Kapolsek.

"Sesampainya di daratan, Pak Sarung dibawa menggunakan ambulans Puskesmas Simpang Jernih yang sudah menunggu untuk kemudian dibawa ke Rumah Sakit Aceh Tamiang untuk diagnosa penyakitnya lebih lanjut," tutup Kapolsek.