Breaking News

Seorang Asisten Mahout CRU Cot Girek Diserang Gajah Luar

Seorang Asisten Mahout CRU Cot Girek Diserang Gajah Luar
Korban mendapatkan penanganan medis usai diserang gajah liar. (Ist)

LHOKSUKON, ACEHPORTAL.com - Seorang asisten mahout (pawang gajah) di Conservation Respon Unit (CRU) Cot Girek, Aceh Utara diserang seekor gajah liar Sumatera jantan, Selasa (15/6/2021) pagi tadi sekitar pukul 09.15 WIB.

Peristiwa itu terjadi di kawasan Dusun Alue Buloh, Gampong Cot Girek, Kecamatan Cot Girek, Aceh Utara. Akibat serangan gajah liar itu, korban mengalami luka dan kini dirawat di RSU Cut Meutia Lhokseumawe.

"Korban bernama Rizki (21), warga setempat," kata Kapolres Aceh Utara, AKBP Tri Hadiyanto melalui Kapolsek Cot Girek, Ipda Suherman.

Peristiwa itu berawal saat korban berangkat dari CRU menuju ke lokasi kejadian untuk memindahkan gajah jinak CRU. Tiba-tiba saat sedang melepaskan rantai gajah jinak, seekor gajah liar jantan datang dan menyerangnya dari arah belakang.

"Korban jatuh dan berusaha menyelamatkan diri sambil berteriak meminta pertolongan, saat itu datang seorang rekannya yang juga asisten mahout yakni M Jamil (46) membantu korban. Saat itu korban sempat bangun sambil berusaha berlari dan gajah liar tersebut sedang mencoba menyerang kembali korban," jelasnya.

Korban pun diselamatkan oleh rekannya sembari berteriak meminta gajah liar itu pergi meninggalkan mereka. Saat itulah gajah liar pergi meninggalkan korban dan rekannya.

"Korban kemudian dilarikan ke Klinik Cut Meutia PTPN 1 Cot Girek untuk mendapatkan pertolongan, korban mengalami luka tusuk di bagian lengan kanan akibat terkena gading gajah dengan kedalaman diperkirakan 10 sentimeter dan lebar 5 sentimeter," ungkapnya.

"Selain itu, luka lecet di bagian kaki dan mengalami sesak, pada pukul 13.13 WIB korban telah dirujuk ke RSU Cut Meutia Buket Rata Lhokseumawe menggunakan ambulans Puskesmas Buket Hagu Lhoksukon," tambah Kapolsek.