Breaking News

Sekitar Lima Hektare Lahan Terbakar di Aceh Besar

Sekitar Lima Hektare Lahan Terbakar di Aceh Besar(Dok. BPBD Aceh Besar)
Petugas memadamkan api yang membakar sekitar lima hektar lahan di Kecamatan Lembah Seulawah, Aceh Besar, Rabu (13/10/2021).

JANTHO, ACEHPORTAL.com - Kebakaran lahan terjadi di kawasan Desa Sukamulia, Kecamatan Lembah Seulawah, Aceh Besar, Rabu (13/10/2021) siang sekitar pukul 11.00 WIB.

Diketahui, lahan yang terbakar milik warga setempat bernama Hasbi (53). Lahan yang terbakar sekitar lima hektar, diduga karena pembakaran sarang tawon di lokasi yang dilakukan pemiliknya sendiri, hingga api menyebar karena angin kencang.

Petugaa Pusdalops BPBD Aceh Besar, Maswani mengatakan, informasi kebakaran lahan ini diperoleh dari masyarakat yang melintas di jalan tersebut.

Kebakaran ini pun menjadi pusat perhatian warga karena berada dekat dengan Jalan Nasional Banda Aceh-Medan.

"Kondisi cuaca yang terik serta angin yang kencang membuat lahan yang terbakar terus meluas dan menjalar," ujar Maswani.

Menurut keterangan petugas damkar yang melakukan pemadaman api di lokasi, penyebab kebakaran tersebut akibat dari pembakaran sarang tawon yang dilakukan oleh pemiliknya.

Karena angin yang kencang melanda beberapa hari terakhir, sehingga kobaran api terus meluas dan tak terkendali.

"Untuk luas area lahan yang terbakar diperkirakan seluas lebih kurang lima hektar," katanya.

Dalam memadamkan api, petugas damkar BPBD Aceh Besar mengerahkan lima unit armada damkar ke lokasi kejadian. Kondisi cuaca dan lahan yang berbukit membuat petugas kesulitan dalam memadamkan api serta angin kencang juga membuat api terus menjalar.

"Setelah melakukan pemadaman petugas juga masih terus berjaga-jaga di lokasi kejadian karena dikhawatirkan ada sisa bara api yang belum terpadamkan membuat api akan menjalar kembali," jelasnya.

"Setelah dipastikan titik api benar-padam baru kita kembali, pemadaman dibantu personel TNI-Polri dan Polhut serta masyarakat," tutupnya.

Rubrik:Peristiwa