Breaking News

Sekian Lama Terisolir Akhirnya TMMD Sukses Wujudkan Impian Masyarakat Muara Pea Singkil

Sekian Lama Terisolir Akhirnya TMMD Sukses Wujudkan Impian Masyarakat Muara Pea SingkilZulkarnain/acehportal.com
Pembangunan jalan Ketapang Indah dusun tiga Muara Pea, Kecamatan Singkil Utara oleh Satgas TMMD Reguler ke-111 TA 2021 Kodim 0109/Aceh Singkil

SINGKIL, ACEHPORTAL.com – ‘Serbuan’ TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-111 TA 2021 Kodim 0109/Aceh Singkil memberikan kesan tersendiri bagi masyarakat Kabupaten Aceh Singkil khususnya warga Ketapang Indah Dusun Tiga Muara Pea, Kecamatan Singkil Utara.

Sebab program TMMD ini telah menjawab keinginan dan harapan warga Ketapang Indah Dusun Tiga Muara Pea.

Program TMMD Reguler ke-111 TA 2021 Kodim 0109/Aceh Singkil secara resmi dibuka oleh Bupati Aceh Singkil, Dulmusrid pada Selasa, 15 Juni 2021 lalu di Makodim 0109/Aceh Singkil.

Peresmian pembukaan TMMD tersebut ditandai dengan penandatanganan naskah serah terima pekerjaan TMMD oleh Bupati Kabupaten Aceh Singkil kepada Dandim 0109/Aceh Singkil, sebagai Dan Satgas TMMD Ke 111 Letkol Czi Yudho Widiharto, S.I.P. dengan tema "TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri"

Pantauan ACEHPORTAL.com, Program tersebut saat ini telah sukses dilaksanakan oleh Satgas TMMD reguler ke 111 dengan penuh perjuangan yang sangat sengit dan melelahkan bahkan dari Satgas TMMD Kodim 0109/Aceh Singkil rela melakukan pekerjaan hingga sampai lembur malam hari.

Namun perjuangan itu tidak sia-sia, ternyata membuahkan hasil yang sempurna hingga membuat impian masyarakat terwujud. Karena selama ini masyarakat di daerah itu sangat mendambakan jalan tersebut fungsional.

Terwujudnya impian itu terutama datang dari masyarakat Ketapang Indah Dusun Tiga Muara Pea, Kecamatan Singkil Utara, Aceh Singkil, dimana masyarakat di daerah itu sejak pindah disana sangat menghendaki jalan di belakang rumah mereka bisa fungsional agar dapat meningkatkan roda perekonomian.

Sekilas Sejarah Kampung Ketapang

Dulunya masyarakat Dusun Muara Pea pindah kesana karena adanya persoalan pemilihan Kepala Desa pada tahun 1996, kebetulan pada saat itu Desa Muara Pea sebelum pemekaran Pemerintahan Kota Subulussalam dari Aceh Singkil, Muara Pea adalah dibawah Administrasi Kecamatan Simpang Kiri, Aceh Singkil yang saat ini dibawah Administrasi Pemerintahan Kota (Pemko) Subulussalam karena Subulussalam sudah mekar.

Pindahnya warga waktu itu ke desa saat ini, dengan adanya persoalan Pilkades, mereka terbelah menjadi dua kubu, kubu yang sebagian pindah ke Dusun Muara Pea Desa Ketapang Indah Kecamatan Singkil Utara.

Mereka pindah ke daerah tersebut tepatnya pada tahun 1997 dan waktu itu masih di wilayah administrasi Kecamatan Singkil, mereka mendapat tanah dari hasil penjualan program IDT dengan ukuran tanah yang mereka dapat lebar muka 5 meter dan panjang kebelakang 200 meter.

Pada saat itu masyarakat disana dipimpin oleh Pejabat Pelaksana (PJ) Desa Ketapang Indah yakni Asnaldi yang saat ini menjabat sebagai Camat Kecamatan Singkil Utara.

Saat Asnaldi menjabat sebagai Pj desa Ketapang Indah, pernah mengusulkan program tersebut untuk penerobosan jalan di belakang rumah masyarakat Dusun Muara Pea, bertujuan dan sekaligus untuk pembuatan batas antara Desa Ketapang Indah dengan Gosong Telaga Utara.

Serta bertujuan dan berharap agar nantinya bisa untuk perluasan permukiman bagi masyarakat disana.

Hal itu juga diharapkan dan diimpikan oleh masyarakat Dusun Muara Pea, agar jalan tersebut selalu dirawat dan ditingkatkan. Namun, harapan mereka pudar begitu saja seakan tak ada yang peduli, karena mengingat pertumbuhan penduduk saat ini semakin pesat mereka berharap jalan itu fungsional, sekaligus bertujuan untuk peningkatan ekonomi.

Program TMMD Wujudkan Impian Warga

Akhirnya harapan dan impian mereka diwujudkan oleh Tentara Nasional Indonesia (TNI) dengan program TMMD Kodim 0109/Aceh Singkil, pada kegiatan sasaran fisik, untuk pembuatan jalan sejauh 1.978 meter dengan rincian lebar 9 meter.

Selain itu, dengan adanya pengerasan badan jalan sepanjang 1.978 meter, juga Satgas TMMD melaksanakan pembuatan satu unit jembatan plat, pembuatan dua unit lantai jembatan plat, pemasangan dua unit gorong-gorong, pembuatan talud sepanjang 30 meter, pembuatan bronjong sebanyak 50 keping dan normalisasi parit sepanjang 2.500 meter.

Sedangkan kegiatan nonfisik, Satgas TMMD Kodim 0109/Aceh Singkil juga melakukan penyuluhan wawasan kebangsaan, penyuluhan kesehatan tentang stunting, penyuluhan kesehatan tentang Posbindu PTM, penyuluhan KB kesehatan, penyuluhan narkoba, penyuluhan pertanian, dan penyuluhan perikanan.

Terkait dengan penyuluhan Perikanan terbukti dengan adanya kunjungan Danrem 012/Teuku Umar pada 29/6/2021 langsung tinjau budidaya Kapiting Soka Gostel Jaya yang berada di sekitaran lokasi TMMD Kodim 0109/Aceh Singkil, yang saat ini telah berhasil.

Sehingga Kodim 0109/Aceh Singkil langsung membuka tambak budidaya Kepiting Soka dengan luas tanah 3,5 Hektare yang berlokasi di samping badan jalan program TMMD, rincian sebanyak 5 kolam berukuran lebar 15 meter, panjang 60 meter sebanyak 3 unit. Dua unit kolam tambahan ukuran lebar 7 meter dan panjang 30 meter bertujuan untuk pemulihan ekonomi masyarakat.

Atas terlaksananya kegiatan dari TMMD, rasa haru pun tak terbendung lagi bagi masyarakat disana, diantaranya terkait tanah dibelakang mereka sudah bisa bermanfaat dan pungsional.

Keharuan dan rasa syukur pun datang diantaranya dari seorang ibu janda yang mempunyai tanah sampai ke program TMMD yakni Edek Angkat. Ia mengucapkan, rasa terima kasihnya kepada TNI dengan adanya program TMMD Kodim 0109/Aceh Singkil.

"Sejak dibuatnya jalan oleh program TMMD di belakang rumah saya, hampir tiap hari saya melihat ke belakang, sambil melihat kebun saya, saya ucapkan terima kasih TNI atas dibangunya jalan di belakang rumah saya, Insya Allah nanti berhubung anak saya ada yang belum punya rumah akan saya suruh nanti mendirikan di tanah itu," ucapnya, Selasa (13/7/2021).

Hal tersebut juga disampaikan oleh Kepala Gampong (Keuchik) Ketapang Indah, H. Marwan Hakim, ia juga mengungkapkan, sejak adanya program tersebut dibuka dalam wilayah hukumnya.

"Saya selalu pantau dan ikut untuk motivasi pekerjaan Program TMMD Kodim 0109 Aceh Singkil, tentu nanti masyarakat disini sangat mudah untuk mencari nafkah kelaut berhubung sudah adanya normalisasi dari TMMD, sebab masyarakat disini di dusun Muara Pea ini banyak sumber mata usahanya kelaut, saya tidak dapat berbuat apa-apa hanya bisa mengucapkan terima kasih kepada TNI terkhusus kepada Pak Dandim 0109 Aceh Singkil," ungkap Marwan.

Terpisah, dikonfirmasi Kepala Gampong (Keuchik) Gosong Telaga Utara, Mohd. Din, ia juga mengatakan, tak mudah untuk menentukan Program TMMD tersebut.

"Itu penuh dengan perjuangan bagi TNI, saat bekerja pun saya pantau mereka tak lelah demi wujudkan impian Masyarakat, akhirnya semua sukses dalam melaksanakan program tersebut, ucapan terima kasih yang sama saya ucapkan kepada TNI terkhusus untuk Bapak Dandim 0109/Aceh Singkil, Letkol Czi Yudho Widiharto," ucapnya dengan penuh rasa haru. (**)

Editor:
Rubrik:Daerah, Kodam IM, Umum