Breaking News

Sekber Jurnalis Aceh Barat Gelar Road Show Pendidikan Jurnalistik Sekolah

Sekber Jurnalis Aceh Barat Gelar Road Show Pendidikan Jurnalistik Sekolah

Meulaboh, Acehportal.com - Sekretariat Bersama (Sekber) Jurnalis Aceh Barat tahun ini akan menggelar Hari Pers Nasional (HPN) 2021 dengan cara berbeda.

Jika tahun sebelumnya kegiatan dilaksanakan secara seremonial di Sekber Jurnalis Aceh Barat, namun tahun ini Sekber Jurnalis Aceh Barat melaksanakan kegiatan road show ke sekolah-sekolah.

Adapun kegiatan road show yang dilaksanakan tersebut, dengan memberikan pendidikan jurnalistik dasar terhadap para siswa di beberapa sekolah.

Kegiatan jurnalistik dasar yang akan dilaksanakan tersebut dengan tetap menghormati protokol CoronaVirus Disease (Covid-19).

Ketua panitia HPN 2021, Aidil Firmansyah mengatakan, meski kegiatan dilaksanakan secara road show namun nantinya jumlah peserta dalam aula sekolah tetap dibatasi paling banyak 20 siswa.

"Nantinya peserta wajib menggunakan masker, kita juga akan jaga jarak. Selain itu kita juga periksa suhu tubuh sebelum masuk ruangan," kata Aidil Firmansyah.

Kegiatan road show pendidikan jurnalistik dasar ini, kata dia, akan dipilih beberapa sekolah sebagai pilot project.

Dimana, kata dia, lewat pendidikan jurnalistik dasar tersebut output yang diharapkan, kata dia, siswa memiliki pemahamam jurnalistik serta bagaimana menulis berita.

"Untuk sekolah, kita harapkan nanti menyediakan mading (majalah dinding) sehingga karya-karya jurnalistik siswa terpublis. Bahkan bisa saja kedepan sekolah menyediakan buletin karya siswa yang dapat didistribusikan ke masyarakat sehingga informasi sekolah tidak hanya diketahui secara internal," ungkapnya.

Informasi sekolah nantinya yang dapat didistribusikan menjadi informasi menarik oleh siswa didalam buletin sekolah, dengan adanya pendidikan jurnalistik ini.

Ia mencontohkan, bisa berupa prestasi siswa, atau prestasi sekolah dan guru, serta hal-hal yang menarik berhubungan dengan kontrol sosial dilingkungan sekolah.

Terkadang, kata dia, ada hal-hal menarik disekolah yang menjadi isu publik tidak tersampaikan diluar sehingga lewat pendidikan jurnalistik ini, kata dia, nantinya informasi menarik bisa terekpose lewat karya jurnalistik dasar.

"Yang terpenting saat ini, dengan kegiatan ini bisa meningkatkan kemampuan literasi siswa, dan lahir generasi baru didunia jurnalistik," ungkapnya.

Adapun sekolah yang akan menjadi proyek percontohan untuk kegiatan road show Pendidikan Jurnalistik yakni SMA 1 Meulaboh dan SMA 1 Meureubo.

Dalam kesempatan itu, kata Aidil pihaknya juga menggelar kegiatan diskusi terbatas terhadap jumlah peserta dengan Tema Penguatan peran pers sebagai kontrol sosial dalam pembangunan Aceh Barat.

"Diskusi terbatas ini nantinya akan kita gelar di sekber kita Indatu Kupi. Rencanyanya juga akan kita siarkan secara langsung lewat radio RRI, agar semua masyarakat bisa menyimaknya," ujarnya.

jmsi bank aceh
JMSI BPKA
JMSI