Breaking News

Sejumlah Wilayah di Aceh Singkil Digenangi Banjir Luapan

Sejumlah Wilayah di Aceh Singkil Digenangi Banjir Luapan
Sejumlah Wilayah di Aceh Singkil Digenangi Banjir Luapan. (Ist)

SINGKIL, ACEHPORTAL.com - Sejumlah wilayah di Aceh Singkil tergenang banjir luapan karena dilanda hujan deras sejak beberapa hari terakhir.

Data Pusdalops BPBD Aceh Singkil menunjukkan, banjir terjadi di sejumlah gampong di Kecamatan Suro, Kecamatan Singkil Utara, Kecamatan Danau Paris, Kecamatan Simpang Kanan dan Kecamatan Gunung Meriah. 

Kepala BPBD Aceh Singkil, Mohd Ichsan menyampaikan, akibat hujan deras itu menyebabkan meluapnya Sungai lae Ordi dan Sungai Lae Sulampi serta Sungai Lae Cinendang.

"Dampaknya jalan nasional Simpang Kanan-Subulussalam, rumah warga, fasilitas umum, sawah, bahu jalan dan lainnya terendam banjir. Bahkan di Simpang Kanan tiang listrik tumbang dan menyebabkan mati lampu saat ini," ungkapnya, Selasa (18/5/2021).

"Saat ini kerusakan belum diterima, namun adapun jumlah KK dan jiwa terdampak banjir ini Desa Bulusema Kecamatan Suro 65 KK 457 Jiwa, Desa Lae Balno Danau Paris 46 KK 211 Jiwa," jelas Ichsan. 

"Sementara untuk Gampong Kampung Baru Dusun II (PKK), Kecamatan Singkil Utara dan Gampong Ketapang Indah, Kecamatan Singkil Utara masih dalam pendataan. Begitu juga di Kecamatan Simpang Kanan, dan kecamatan Gunung Meriah, juga masih dalam pendataan," terangnya.

Diketahui sebagian masyarakat mengungsi karena banjir tersebut. Tetapi hingga kini juga masih dalam pendataan petugas. BPBD bersama instansi berwenang lainnya pun melakukan koordinasi serta penanganan di lokasi.

Selain itu, kata Ichsan, banjir juga sudah mulai surut di sebagian kecamatan dan juga masih ada yang menggenang.