Breaking News

Info Kesehatan

Saya kencing bisa sering banget, habis minum pasti saya kencing. Apa ini normal?

Saya kencing bisa sering banget, habis minum pasti saya kencing. Apa ini normal?
Ilustrasi. Sering buang air kecil atau kencing bukan masalah biasa. Kondisi tersebut bisa jadi tanda dari beberapa penyakit yang mendasarinya. (istockphoto/Mikhail Rudenko)

INFO KESEHATAN, ACEHPORTAL.com - Berikut penjelasan Dato dr. Selvalingam, dokter saluran kemih dari Sunway Medical Centre Velocity, rumah sakit swasta komprehensif di Kuala Lumpur, Malaysia:

Menurut Dato dr. Selvalingam, seperti dikutip dari smarterhealth.id kita hanya perlu minum 2L air sehari dan berat badan 60-70kg. Jika kita minum terlalu banyak air (>3L sehari) kita akan selalu kencing.

Jika kita kerap kencing walaupun kurang minum air, ada beberapa kemungkinan:

1. Perlu periksa untuk penyakit kencing manis
2. Adanya kuman dalam air kencing (UTI). Dalam keadaan ini kencing mungkin berbau atau ada darah
3. Batu dalam saluran kencing juga bisa menyebabkan kencing sering tapi biasanya disertai sakit
4. Overactive Bladder (OAB)

Anda harus lakukan pemeriksaan air kencing (Urine microscopy) dan Ultrasound Ginjal sebagai langkah permulaan, selain pemeriksaan dokter.

Jika hasil pemeriksaan tersebut normal, anda mungkin mengalami Overactive Bladder (OAB).

OAB adalah keadaan dimana, kandung kemih menjadi sensitif dan walaupun tidak ada banyak air kencing, anda sudah terdesak ingin kencing.

Keadaan ini bisa terjadi jika anda mengidap masalah sembelit (konstipasi), kencing manis atau masalah prostat Keadaan ini juga bisa terjadi lebih parah sekiranya anda merokok, minum kopi/teh atau minuman bersoda.

Sebagai langkah permulaan hindari minuman di atas. Boleh juga membuat latihan lantai pelvis.

sekiranya masalah masih belum hilang, ada obat seperti Vesicare dan Betmiga yang bisa merawat keadaan ini tapi harus melalui pemeriksaan dokter. (**)

Iklan idul fitri gub
Iklan bub gayo lues