Satu Lagi Putra Terbaik Aceh Singkil Lulus Program Doktoral di USK Banda Aceh

Satu Lagi Putra Terbaik Aceh Singkil Lulus Program Doktoral di USK Banda Aceh
Dalil Pohan peserta yang lulus di USK. (Ist)

SINGKIL, ACEHPORTAL.com - Pihak rektorat umumkan hasil seleksi Program Doktoral dan Magister pada Universitas Syiah Kuala ( USK ), Rabu (4/8/2021) kemarin di Banda Aceh.

Dalam pengumuman tersebut, salah satu peserta yang lulus dan di terima menjadi calon mahasiswa Program Doktoral dengan Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Universitas kebangsaan Rakyat Aceh itu yakni Dalil Pohan, M.Pd.

Setelah mengikuti beberapa tahapan seleksi dan pada pengumuman dia dinyatakan lulus dan diterima menjadi calon mahasiswa program Doktor di USK itu. 

Dalil Pohan ini merupakan putra kelahiran Singkil, dalam riwayat hidupnya, pada tahun 2009 dia lulus menjadi ASN di Pemerintah Aceh Singkil pada Formasi penerimaan ASN dengan jenjang Magister Pendidikan.

Saat ini dia bertugas di Pemkab Pidie, bahkan sebelum pindah tugas, bahwa dia sempat menduduki beberapa jabatan di SKPK di Pemkab Aceh Singkil, di antaranya sebagai Kasubbag Program MPD Aceh Singkil, Kepala Seksi di Dinas Arsip dan Perpustakaan Aceh Singkil, Kepala Bidang Program pada Dinas Dukcapil Aceh Singkil.

Dalil Pohan mengaku sangat bersyukur dan bangga menjadi salah satu peserta yang dinyatakan lulus pada program Doktoral dan diterima menjadi calon mahasiswa S3 di Universitas kebanggaan rakyat Aceh tersebut.

Bahkan, ia menyampaikan, semoga dengan kelulusan tersebut, menjadi motivasi bagi generasi Aceh Singkil lainnya untuk terus menuntut ilmu, agar dengan pendidikan kita retas problem pembangunan Aceh Singkil serta kita akan tingkatkan SDM Aceh Singkil yang lebih baik serta dapat membangun Aceh Singkil kedepan.

Hal itu disampaikan, Mustafa Naibaho selaku Tokoh Muda Lintas Generasi Aceh Singkil, saat dikonfirmasi ia juga menyampaikan rasa terharu dan bangga bahwa salah satu putra kelahiran Aceh Singkil yang lulus menjadi mahasiswa S3 di USK Banda Aceh tahun ini.

"Tentu perjuangan tersebut tidaklah mudah, perlu usaha dan kemauan yang kuat sehingga dapat lolos menjadi mahasiswa S3 di USK," ucapan Mustafa kepada ACEHPORTAL.com, Kamis (5/8/2021).

"Semoga ini dapat menambah semangat para generasi lainnya untuk terus menimba ilmu sampai ke jenjang program Doktor," tambahnya.

Lanjut Mustafa, agar estafet pembangunan Aceh Singkil ini akan di isi oleh orang-orang yang punya kualitas dan integritas dengan SDM yang tinggi.

"Mudah-mudahan semoga untuk ke depannya masih banyak lagi putra-putri singkil melanjutkan pendidikan sampai ke jenjang program Doktoral," pungkasnya.