Breaking News

Sat Lantas Polres Aceh Selatan Imbau Pengendara Tertib Berlalu Lintas dan Penggunaan TNKB

Sat Lantas Polres Aceh Selatan Imbau Pengendara Tertib Berlalu Lintas dan Penggunaan TNKB
Kasat Lantas Polres Aceh Selatan, Iptu Alfi Syahrin Saat menertibkan kendaraan yang menyalahgunakan TNBK, Tapaktuan, Senin (12/7/2021). (ACEHPORTAL.com/Safdar S)

TAPAKTUAN, ACEHPORTAL.com - Kapolres Aceh Selatan, AKBP Ardanto Nugroho melalui Kasat Lantas, Iptu Alfi Syahrin mengimbau agar pengendara kendaraan bermotor tertib berlalu lintas demi tercapainya keamanan keselamatan ketertiban kelancaran berlalu lintas (kamseltibcarlantas).

"Aceh Selatan masih tinggi angka kecelakaan lalu lintas, sehingga kami dari Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polres Aceh Selatan akan berusaha semaksimal mungkin untuk meminimalisirnya dengan upaya preventif seperti teguran dan penertiban seperti yang kami laksanakan hari ini," ucap Iptu Alfi kepada ACEHPORTAL.com di Tapaktuan, Senin (12/7/2021).

Kasat mengatakan, pihaknya juga tidak akan segan-segan memberikan sanksi teguran hingga penilangan kepada pengendera yang menyalahi aturan berlalu lintas, apalagi dapat menyebabkan kecelakaan bagi pengendara atau pengguna jalan lainnya.

"Saat ini kita menertibkan pelanggaran-pelanggaran kasat mata, seperti tidak menggunakan helm, Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) yang tidak sesuai peruntukannya hingga melawan arus, sanksinya juga beragam dari teguran hingga penilangan," ucap kasat.

Selain itu, pihaknya juga meminta kepada pemilik kendaraan untuk tidak menggunakan plat nomor yang tidak sesuai dengan peruntukannya apalagi mengubahnya, karena hal itu adalah ilegal dan ada sanksi hukumnya.

"Jangan sekali-kali merubah atau mengganti warna plat yang tidak sesuai dengan keterangan STNK, tadi juga sempat kami tertibkan dan kami berikan sanksi teguran, sebab perbuatan tersebut ilegal dan melanggar undang-undang, jika sudah ditertibkan namun masih diulang kembali, maaf kami tidak segan-segan memberikan sanksi sesuai aturan yang berlaku," tegasnya.

Selain itu, kerawanan berlalu lintas di Aceh Selatan akan terus ditertibkan hingga ke seluruh kecamatan di Aceh Selatan. Hal ini semata-mata untuk meminimalisir meningkatnya angka kecelakaan di Aceh Selatan.

"Kami juga akan turun ke kecamatan-kecamatan untuk memberikan edukasi dan sosialisasi tibcarlantas kepada masyarakat," tutupnya.

Editor:
Rubrik:Daerah