Breaking News

SAR Evakuasi Medis Seorang ABK Kapal Tanker Denmark di Selat Benggala

SAR Evakuasi Medis Seorang ABK Kapal Tanker Denmark di Selat Benggala
Proses evakuasi medis yang dilakukan SAR di Selat Benggala terhadap ABK kapal asing berbendera Denmark. (Ist)

BANDA ACEH, ACEHPORTAL.com - Tim Basarnas mengevakuasi medis seorang ABK kapal asing yang mengalami sakit di kawasan perairan Selat Benggala, Selasa (27/4/2021).

ABK kapal asing itu bernama MT Hulda Mearsk bernama Alexander Melnik (31), warga Rusia yang mengalami sakit bagian perut bawah sebelah kanan.

"Kapan MT Hulda Mearsk merupakan kapal tanker berbendera Denmark yang melakukan perjalanan dari Port Klang, Malaysia menuju Terusan Zues," ujar Kakansar Banda Aceh, Budiono melalui Kasi Operasi, Adah Sudarsa. 

Kasi Ops menjelaskan, informasi sakitnya ABK kapal asing ini diperoleh tim SAR tadi malam sekitar pukul 20.00 WIB.

Menerima informasi dan permintaan evakuasi medis itu, tim akhirnya bergerak menjemput ABK yang dimaksud pagi tadi sekitar pukul 07.20 WIB menggunakan dua unit perahu sea rider.

"Pukul 09.53 wib Tim Rescue tiba di titik evakuasi dan melakukan evakuasi korban, pukul 10.45 wib tim kembali di Dermaga Ulee Lheu dan korban dibawa ke Rumah Sakit Zainal Abidin untuk tindakan lebih lanjut," ungkapnya.

Untuk diketahui, pengevakuasian dilakukan tim SAR dengan menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap serta memberlakukan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran COVID-19.

"Evakuasi ini juga melibatkan pihak Imigrasi, Bea Cukai, KKP dan yang lainnya," tambah dia. 

Editor:
Rubrik:Peristiwa