Sakit Parah di Bagian Perut, Seorang Kru Kapal Kargo Asal Inggris Dievakuasi Medis

Sakit Parah di Bagian Perut, Seorang Kru Kapal Kargo Asal Inggris Dievakuasi Medis
Seorang kru kapal kargo asing dievakuasi medis di kawasan perairan Krueng Geukuh, Lhokseumawe, Selasa (18/5/2021) sore. (Ist)

BANDA ACEH, ACEHPORTAL.com - Tim Basarnas Banda Aceh melakukan evakuasi medis terhadap seorang kru kapal kargo asing di kawasan perairan Krueng Geukuh, Lhokseumawe, Selasa (18/5/2021) sore.

Kru kapal yang dievakuasi itu bernama Salinas Xavier Cana (32), warga Filipina yang mengalami sakit parah di bagian perut bawah.

Kepala Kantor SAR (Kakansar) Banda Aceh, Budiono mengungkapkan, yang bersangkutan merupakan kru kapal kargo bernama MV Morning Cornelia berbendera Inggris yang berlayar dari Inggris menuju Singapura. 

"Subuh tadi sekitar pukul 03.00 WIB kita menerima informasi dari kapal tersebut bahwa seorang kru kapal mengalami sakit dan membutuhkan evakuasi medis," ujarnya.

Selanjutnya, jelas Kakansar, tim langsung berkoordinasi dengan instansi terkait lain yang kemudian mengevakuasi korban ke titik yang telah ditentukan. 

Sekitar pukul 12.48 WIB Tim Rescue Unit Siaga SAR Bireun beserta unsur terkait lainnya bergerak menuju lokasi medivac dari Pelabuhan Krueng Geukuh Lhokseumawe menggunakan Tug Boat TB Krueng Geukuh. 

"Sejam kemudian tim yang menggunakan APD bersandar di lambung kiri (kapal) MV Morning Cornelia, kemudian kru yang sakit dievakuasi dan dibawa menuju darat setelah dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh tim KKP Lhokseumawe," ungkapnya.

Usai kembali ke pelabuhan, korban langsung dibawa menuju ke Klinik Bunga Melati Kota Lhokseumawe dan dirujuk Rumah Sakit Cut Mutia Kota Lhokseumawe.

"Kegiatan ini melibatkan pihak agen Pelni, KKP dan Lanal Lhokseumawe, Imigrasi, Syahbandar, Bea Cukai dan lainnya," tambah Kakansar.