Ruang Bappeda Kantor Bupati Bireuen Terbakar, Polisi Tangkap Terduga Pelaku

Ruang Bappeda Kantor Bupati Bireuen Terbakar, Polisi Tangkap Terduga Pelaku

Bireuen, Acehportal.com - Ruang Bappeda Kantor Bupati Bireuen yang berada di kawasan Gampong Cot Gapu, Kecamatan Kota Juang, Bireuen, terbakar Senin (8/3/2021) pagi sekitar pukul 06.00 WIB.

Kebakaran ini awalnya diketahui saat seorang warga mendengar ledakan dari depan rumahnya dan melihat bahwa ruang yang berada di lantai tiga Kantor Bupati terbakar.

Peristiwa itu pun dilaporkan ke pihak pemadam kebakaran yang kemudian langsung datang ke lokasi untuk memadamkan api.

Kapolres Bireuen, AKBP Taufik Hidayat melalui Kasat Reskrim, AKP Fadhilah Aditya Pratama mengatakan, kuat dugaan bahwa kebakaran itu terjadi atas ulang seseorang (sengaja dibakar).

Hal tersebut diketahui dari hasil penyelidikan yang dilakukan polisi di lokasi kejadian kebakaran tersebut.

"Di lokasi kejadian ditemukan botol air mineral berisi bahan bakar, juga ada rekaman CCTV yang kita periksa dan hasilnya terekam pelaku yang sengaja membakar tumpukan kertas hingga merambat ke seluruh ruangan," ungkapnya.

*Terduga Pelaku Ditangkap

Personel Sat Reskrim Polres Bireuen mengamankan seorang terduga pembakaran Ruang Bappeda Kantor Bupati Bireuen yang terjadi subuh tadi.

Terduga pelaku diamankan polisi beberapa jam kemudian pasca kejadian, tepatnya Senin (8/3/2021) pagi sekitar pukul 09.30 WIB.

AKP Fadhilah Aditya Pratama mengungkapkan, terduga pelaku yang diamankan berinisial HD (40), seorang PNS yang merupakan warga Kecamatan Kuala, Bireuen.

"Di lokasi ditemukan botol air mineral yang diduga berisi bahan bakar, hasil pemeriksaan CCTV diketahui terduga pelaku HD menyirami tumpukan kertas dan menyalakan pemantik api untuk membakar tumpukan kertas tersebut," jelasnya.

Diketahui, HD merupakan pegawai yang dulu pernah berdinas di Bappeda dan kini berdinas di Kantor Camat Jeunib, Bireuen.

"Yang bersangkutan diamankan di rumahnya, kini masih menjalani pemeriksaan lanjut secara intensif," tambah mantan Kasat Reskrim Polres Nagan Raya ini.

Dalam kasus ini, polisi pun mengamankan sejumlah barang bukti seperti botol bahan bakar beserta tutup botolnya dan sebuah sajadah yang berbau bahan bakar dan bekas bakaran lainnya.

jmsi bank aceh
JMSI BPKA
JMSI