Breaking News

Respon Banjir di Aceh Selatan, Brimob Polda Aceh Terjunkan Personel

Respon Banjir di Aceh Selatan, Brimob Polda Aceh Terjunkan Personel
Personel Brimob Polda Aceh saat melakukan evakuasi pada warga yang terdampak banjir luapan Sungai Kluet di Kedai Runding Kluet Selatan, Selasa (6/7/2021). (ACEHPORTAL.com/Safdar S)

TAPAKTUAN, ACEHPORTAL.com - Personel Brimob Polda Aceh menerjunkan sejumlah personelnya untuk melaksanakan penanggulangan bencana banjir di Kecamatan Kluet Selatan, Selasa (6/7/2021).

Tingginya curah hujan di wilayah Aceh Selatan telah menyebabkan meluapnya Sungai Kluet telah merendam pemukiman warga hingga badan jalan nasional Tapaktuan-Subulussalam.

Komandan Batalyon C Pelopor Sat Brimob Polda Aceh, Kompol Hari Purnomo melalui Danki I Batalyon C, Iptu Agus Kurniadi mengatakan, di Gampong Kedai Runding ketinggian air mencapai 1 hingga 1,5 meter dan merendam perumahan warga sebanyak 76 unit dengan total terdampak hingga 450 jiwa.

"Personel Staf dan Kompi 1 Batalyon C Pelopor Sat Brimob Polda Aceh juga telah disiagakan di lokasi serta menyiapkan sarana dan prasarana untuk membantu lokasi yang terdampak banjir," ucap Iptu Agus.

Selain itu, personel Brimob juga turut andil dalam membantu penyebrangan terhadap warga yang sedang melintas serta mengantisipasi adanya masyarakat yang mengungsi.

Iptu Agus juga mengungkapkan, petugas juga telah melakukan pendataan terhadap rumah masyarakat serta fasilitas umum yang terdampak banjir serta terus melakukan koordinasi dengan instansi terkait untuk penanggulangan lebih lanjut.

"Alhamdulilah debit air Sungai Kluet sudah menurun sehingga masyarakat sekitar tidak mengungsi," pungkasnya.

Terpantau hingga saat ini Personel Staf Batalyon C Pelopor dan Kompi 1 Batalyon C Pelopor personil polsek, anggota Koramil, BPBD masih berada di lokasi banjir dan melakukan langkah-langkah penanggulangan.

Editor:
Rubrik:Peristiwa