Breaking News

Resmikan Posko dan Armada yang Baru, Bupati Aceh Selatan: Minat Menjadi Petugas Damkar Semakin Meningkat

Resmikan Posko dan Armada yang Baru, Bupati Aceh Selatan: Minat Menjadi Petugas Damkar Semakin Meningkat
Bupati Aceh Selatan, Tgk Amran didampingi Kalaksa BPBD Aceh Selatan, Cut Syazalisma (seragam pemadam) saat melakukan Peusijuek Armada Damkar Pos 05 Bakongan. (ACEHPORTAL.com/Safdar)

TAPAKTUAN, ACEHPORTAL.com - Kinerja petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Selatan semakin meningkat. 

Kesiap-siagaan petugas bermotto "Pantang Pulang Sebelum Padam" itu semakin teruji dalam berbagai musibah, baik kebakaran maupun bencana alam yang rentan terjadi di Aceh Selatan.

Hal itu pula yang membuat Bupati Aceh Selatan, Tgk Amran kagum sekaligus bangga atas pencapaian yang telah diraih para petugas dalam menjalankan misi kemanusiaannya di Aceh Selatan.

"Saat ini ada peningkatan minat dari pemuda Aceh Selatan untuk bergabung menjadi petugas damkar, ada tiga puluh lamaran yang telah saya terima, ini artinya ada suatu kebanggaan dari publik untuk menekuni profesi ini," ucapnya usai Peusijuek (menepung tawari) Armada Damkar Pos 05 Bakongan dan Peresmian Pos Damkar 09 Trumon Timur, Sabtu (5/6/2021).

Kepada para petugas dan relawan damkar BPBD Aceh Selatan, Tgk Amran berharap agar terus meningkatkan kinerjanya, siap siaga dan disiplin dalam menjalankan tugasnya.

"Tetap semangat, disiplin dan tangguh, laksanakan semua tugas dengan penuh tanggung jawab," ucap bupati.

Tgk Amran menambahkan, Pemkab Aceh Selatan sangat berterima kasih dan mengapresiasi dedikasi dan profesionalitas petugas damkar yang semakin baik dan terus meningkat, sehingga kehadirannya selalu ditunggu masyarakat dalam setiap misi kemanusiaan.

"Ini langkah optimalisasi layanan terhadap masyarakat di bidang penanganan bencana, khususnya kebakaran, namun kita berharap agar kebakaran di Aceh Selatan dapat diminimalisir dengan kerjasama kita semua," pungkasnya.

Sementara itu, Kalaksa BPBD Aceh Selatan, Cut Syazalisma mengatakan, kehadiran armada pemadam baru di Posko 05 Bakongan adalah upaya pemerintah dalam menjawab usulan masyarakat Bakongan untuk mendapatkan penambahan armada pemadam.

Sedangkan Pos Damkar 09 Trumon Timur merupakan pos damkar yang resmi dibentuk dan diaktifkan, atas dukungan dan dorongan dari anggota DPRK dapil setempat

"Armada ini merupakan representatif guna mencakup tiga kecamatan di Bakongan yang rawan kejadian karhutla yaitu Kecamatan Kuta Bahagia, Bakongan dan Bakongan Timur," ucapnya.

Ia mengatakan, walaupun di tengah keterbatasan karena pandemi Covid-19, pemerintah kabupaten terus berupaya untuk menghadirkan kebutuhan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan terbaik.

"Ini merupakan usulan masyarakat Bakongan yang ingin mendapatkan armada yang standar dalam penanganan kebakaran butuh kerjasama semua pihak agar armada ini dapat digunakan sebagai mana mestinya," harap Cut Syazalisma.

Ia juga menyampaikan kepada Muspika Kecamatan Bakongan dan Trumon Timur bahwa kehadiran pos dan armada damkar di masing-masing kecamatan tersebut agar dapat sama-sama dibimbing sehingga pelayanan yang optimal betul-betul dapat terlaksana.

"Kami titipkan kepada muspika, baik pos, armada dan petugas damkar kami, silahkan ditegur jika terlihat kurang profesional, bimbing mereka sebagai bagian dari muspika, sehingga dapat dilibatkan dalam berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan," ucapnya.

Editor:
Rubrik:Daerah, Umum