Breaking News

Relawan Tagana Gampong di Lembah Sabil Abdya Dilatih Siaga Bencana

Relawan Tagana Gampong di Lembah Sabil Abdya Dilatih Siaga Bencana
Puluhan relawan Tagana Gampong mengikuti pelatihan siaga bencana di lokasi lapangan kawasan Gunung Sabi, Kecamatan Lembah Sabil, Abdya. (Ist)

BLANGPIDIE, ACEHPORTAL.com - Puluhan relawan Taruna Siaga Bencana (Tagana) di Kecamatan Lembah Sabil, Aceh Barat Daya (Abdya) mengikuti pelatihan kesiapsiagaan dan tanggap darurat bencana.

Kegiatan pelatihan relawan Tagana itu berlangsung selama dua hari berturut-turut mulai dari tanggal 9 hingga berakhir hari ini, tanggal 10 April 2021.

Ketua Tagana Abdya, Yasri Gusman, saat dihubungi ACEHPORTAL.com via seluler, Sabtu (10/4/2021), menyebutkan kegiatan pelatihan relawan Tagana itu bersumber dari anggaran dana desa.

"Pesertanya berjumlah 42 orang, mereka merupakan relawan Tagana Gampong yang ada di Kecamatan Lembah Sabil," katanya.

Yasri menjelaskan, kegiatan pelatihan bagi relawan Tagana Gampong itu terselenggara berkat atas kerjasama 14 gampong yang ada di Lembah Sabil. 

Sebagai wujud partisipasi Pemerintah Gampong di Lembah Sabil, maka dalam pelatihan tersebut masing-masing mengirimkan 3 orang relawan sebagai peserta untuk dilatih oleh Tim Tagana Abdya.

Ia menerangkan, dalam pelatihan tersebut, para peserta dibekali dengan materi-materi tentang bencana, mulai dari teknik dan strategi mengantisipasi dampak bencana, maupun praktek langsung di lokasi pelatihan.

"Pelatihan ini kita adakan karena di setiap gampong sudah terbentuk relawan Tagana. Mereka para peserta ini kita latih agar lebih siap siaga lagi dalam menghadapi dampak bencana," ujarnya.

Ia juga mengungkapkan, setelah selesai mengikuti pelatihan, nantinya peserta akan ditugaskan di gampong masing masing.

Oleh karena itu, Yasri berharap agar para peserta diminta lebih bertanggung jawab atas tugas dan fungsinya sebagai relawan Tagana di gampong.

Kata dia, dalam melaksanakan tugas sebagai relawan Tagana Gampong, mereka berada dibawah komando dan kendali Ketua Tagana kecamatan Lembah Sabil.

"InsyaAllah para peserta ini nantinya yang menjadi ujung tombak dalam menghadapi setiap peristiwa bencana yang terjadi di wilayah gampongnya masing-masing," tutup Yasri.

Editor:
Rubrik:Daerah, Umum
Iklan idul fitri gub
Iklan bub gayo lues