Breaking News

Ratusan Rumah Kompleks BTN Langsa Barat Dilanda Banjir Rob

Ratusan Rumah Kompleks BTN Langsa Barat Dilanda Banjir Rob(Edi/ACEHPORTAL.com)
Lokasi banjir rob di Kompleks BTN Sungai Pauh, Kecamatan Langsa Barat, Langsa, Sabtu (6/11/2021) dinihari.

LANGSA, ACEHPORTAL.com - Ratusan rumah warga Kompleks BTN Sungai Pauh, Kecamatan Langsa Barat, digenangi banjir rob dengan ketinggian yang mencapai 70 sentimeter, Sabtu (6/11/2021) dinihari. Hal itu terjadi dalam kurun waktu setahun terakhir.

Dari pantauan, banjir rob (pasang besar permukaan laut) ini telah menggenangi perumahan warga daerah itu sekitar Jumat pukul 12.00 WIB hingga pukul 02.10 WIB, Sabtu dinihari.

Akibatnya, membuat ratusan warga kalang kabut menyelamatkan barang perabotan rumah tangganya masing-masing.

Banjir rob kali ini tergolong sangat besar, dimana biasanya air pasang laut ini hanya menyinggahi badan jalan, namun pada malam itu air laut memasuki bagian rumah warga hampir secara menyeluruh.

Menurut, M Nur, salah seorang warga setempat, kepada wartawan, Sabtu (6/11/2021), banjir rob pada malam itu sangat besar dan tak seperti biasanya.

"Hampir semua blok perumahan Kompleks BTN terendam banjir rob, dari mulai RT 20 hingga RT 24 kebanjiran rob setinggi betis orang dewasa," ujar pria yang kerap disapa Ceknu ini.

Menurutnya, banjir rob pada malam sebelumnya (Jumat malam-red) tidak besar hanya di bagian badan jalan saja, tapi saat malam itu besar sekali.

Hal senada juga diutarakan, Aulia Ramadhan yang menyatakan bahwa banjir rob kali ini tak mampu terbendung dan langsung menerobos hampir semua rumah warga.

Karena sehari sebelumnya warga membentengi depan rumah, namun begitu pada malam itu semua pertahanan jebol dan parahnya air pasang laut itu terjadi dinihari membuat kalang kabut warga menyelamatkan perabotan yang terendam banjir.

"Besar sekali banjir rob malam ini, kami terpaksa begadang malam hingga pagi hari," ujar Aulia yang sering disapa Dege Naam.

Editor:
Rubrik:Peristiwa