Breaking News

Puluhan Warga Diduga Keracunan Gas PT Medco

Puluhan Warga Diduga Keracunan Gas PT Medco
Warga yang dirawat diduga keracunan. (Ist)

IDI RAYEUK, ACEHPORTAL.com - Diduga keracunan pencucian sumur gas milik PT Medco E&P Malaka Alue Siwah, puluhan warga Gampong Panton Rayeuk, Kecamatan Banda Alam dilarikan ke puskesmas dan RSUD Dr Zubir Machmud Aceh Timur, Jumat (9/4/2021).

Sementara sejumlah informasi yang diperoleh dilapangan menyebutkan, dimana pada Jumat sekitaran pukul 06.00 WIB pagi, bermula warga seputar wilayah itu mencium aroma bau yang tidak sedap.

Warga pemukiman disitu yang terhirup udara diduga gas mengalami sesak, pusing, mual dan muntah lalu dilarikan ke Puskesmas Banda Alam.

Melihat sebagian warga kondisinya semakin mengkuatirkan kemudian ada yang dilarikan ke Rumah Sakit Graha Bunda dan ada pula dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah Dr Zubir Machmud.

Dugaan sementara, puluhan warga tersebut keracunan gas akibat kebocoran ketika proses pencucian sumur gas milik PT Medco E&P Malaka di Gampong Alue Siwah Kecamatan Banda Alam, Aceh Timur.

Diketahui lokasi pencucian sumur Alue Siwah dengan jarak pemukiman penduduk hanya beberapa ratus meter saja.

Rasyidin, Kepala Puskesmas Kecamatan Banda Alam kepada wartawan membenarkan puluhan warga dirawat di Puskesmas dan ada pula yang dirujuk ke RS Graha Bunda dan ke RSUD Dr Zubir Machmud.

“Para pasien yang dirawat mengalami keluhan sesak, batuk, mual-mual dan muntah diduga keracunan akibat menghirup udara bau yang tidak sedap," dugaannya.

Kepala Dinas Kesehatan Aceh Timur, Sahminan kepada wartawan juga membenarkan adanya warga yang keracunan.

Namun penyebab keracunan belum diketahui secara pasti, saat ini pihaknya sudah menurunkan tim ke lokasi.

"Untuk ini pihaknya sedang melakukan pendataan terhadap warga yang mengalami keracunan, baik yang dirawat di Puskesmas maupun pasien yang dirawat di rumah sakit lainnya," ucapnya.

Iklan idul fitri gub