Breaking News

Profil Hakim Agung Dudu Duswara yang Meninggal Dunia karena COVID-19

Profil Hakim Agung Dudu Duswara yang Meninggal Dunia karena COVID-19

Jakarta - Mahkamah Agung (MA) berduka karena salah satu hakimnya, Prof Dudu Duswara, meninggal dunia setelah terkonfirmasi virus Corona. Dudu Duswara meninggal pada usia 69 tahun. Begini profil dan sepak terjangnya.

Dilansir dari situs Ikatan Hakim Indonesia (Ikahi), Kamis (10/12/2020), Dudu Duswara menempuh pendidikan S1 Jurusan Hukum Keperdataan di Universitas Langlangbuana, Bandung, dan jurusan Ilmu Sosial dan Ilmu Politik di Universitas Terbuka. Dudu Duswara kemudian melanjutkan studi S2 di Universitas Padjadjaran, Bandung, mengambil program Magister Ilmu Hukum.

Setelah mendapat gelar S2 hukum, Dudu Duswara menempuh pendidikan S3 di Universitas Parahyangan Jurusan Hukum Pidana. Kemudian, pada Januari 2020, Dudu Duswara dikukuhkan sebagai guru besar Ilmu Hukum Universitas Langlangbuana. Dudu Duswara menyampaikan orasi berjudul 'Optimalisasi Peran Hakim Agung dalam Menyelesaikan Perkara Kasasi dan Peninjauan Kembali Menurut Sistem Peradilan Indonesia'.

Dudu Duswara menjadi hakim agung sejak 2011. Sebelum jadi hakim agung, Dudu Duswara menjadi hakim ad hoc tipikor di PN Jakpus. Meski berkarier sebagai hakim yang merintis berdirinya Pengadilan Tipikor, setelah menjadi hakim agung, ia tidak diberi kewenangan oleh pimpinan MA mengadili kasus-kasus korupsi.

Kasus yang ditangani Dudu Duswara antara lain vonis mati untuk pembunuh sekeluarga di Bekasi, Harris Aris Sandigon. Dudu Duswara juga pernah menangani kasasi Arseto Suryoadji Pariadji terkait kasus narkoba.

Dudu Duswara meninggal pada Kamis (10/12) pukul 18.32 WIB di RS Sentosa Asih, Bandung. Dudu Duswara sempat tidak sadarkan diri sejak masuk IGD.

"Masuk rumah sakit di Bandung karena COVID dan sejak masuk di ruang UGD beliau tidak sadar," ucap kata jubir MA, hakim agung Andi Samsan Nganro kepada detikcom, Kamis (10/12/2020).

MA mengucapkan duka sedalam-dalamnya atas kepergian Dudu Duswara.

"Semoga diampuni segala dosanya, diterima amal ibadahnya, ditempatkan di sisi Allah tempat yang mulia," ujar Andi.

Rubrik:News
Sumber:detik.com