Produksi Padi di Gayo Lues Mencapai 40,456 Ton

Produksi Padi di Gayo Lues Mencapai 40,456 Ton
Wakil Bupati Gayo Lues, Said Sani,

BLANGKEJEREN, Acehportal.com – Jumlah produksi dari 12.682 hektar sawah di Kabupaten Gayo Lues mencapai 40,456 ton per masa panen, dengan produktifitas 3,8 ton per hektar.

“Umumnya sawah yang ada di Kabupaten Gayo Lues sawah tadah hujan,  biasanya  para petani dalam mengolah sawah masih menggunakan teknologi tradisional,” kata Wakil Bupati Gayo Lues, Said Sani, Rabu (1/9/2021), di Bale Pendopo setempat.

Dikatakan Wakil Bupati,  pertanian merupakan sektor andalan di Kabupaten Gayo Lues yang memberikan kontribusi terbesar terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kabupaten Gayo Lues setiap tahunnya.

Selain itu, Kabupaten Gayo Lues merupakan wilayah yang sangat srategis untuk sektor pertanian. Hal ini didukung oleh faktor iklim dan kondisi topografi yang sangat sesuai untuk pengembangan komoditi pertanian, baik untuk tanaman pangan, hortikultura, maupun perkebunan. Sektor pertanian tersebut memberikan dampak yang baik bagi pendapatan petani di Kabupaten Gayo Lues.

Sementara Kepala Puslitbang Tanaman Pangan Bogor, Dr. Ir. Priatna Sasmita mengatakan, Gayo Lues merupakan wilayah dengan komoditas pertanian, maka harus dilakukan peningkatan produksi yang bisa dicapai dengan beberapa skenario diantaranya, meningkatkan produktifitas serta meningkatkan indeks pertanaman.

Harapannya, agar produksi pertanian (padi) di Kabupaten Gayo Lues terus didongkrak hingga mencukupi kebutuhan masyarakat melalui dorongan tekhnologi yang baik, selain itu komoditas yang lain juga bisa ditingkatkan  sebagai alternatif selain padi.

Editor:
Rubrik:Daerah, Ekonomi