Breaking News

PPK Aceh Tamiang Belum Usul Calon Sekda, Askom KASN Akan Klarifikasi Pengaduan

PPK Aceh Tamiang Belum Usul Calon Sekda, Askom KASN Akan Klarifikasi Pengaduan

Kualasimpang, Acehportal.com - Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) Aceh Tamiang belum mengusulkan nama calon Sekretaris Daerah pemerintahan itu ke Komisi ASN setelah tiga nama hasil seleksi terbuka Tim Pansel JPT Pratama diumumkan dan diserahkan ke Bupati Aceh Tamiang.

Dari kelima ASN yang mengikuti uji kompetensi, tiga orang yang dinyatakan lulus seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama sebagai Sekretaris Daerah sesuai surat bernomor : Pansel_JPT/36/2020 tanggal 7 Desember 2020 dan sudah disampaikan ke Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) Kabupaten, namun sejauh ini belum diusulkan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) di Jakarta.

Tiga orang tersebut adalah Ir. Adi Darma, M.Si saat ini Asisten Administrasi Umum dan Plt Sekretaris DPRK Aceh Tamiang, Drs Asra (Inspektur Kabupaten Aceh Tamiang) dan Drs Sepriyanto (Kadisdukcapil Aceh Tamiang).

Muhammad Irwan, Ketua Komisi I Bidang Pemerintahan DPRK Aceh Tamiang yang akrab disapa Iwan Tanindo ketika dimintai tanggapannya oleh wartawan melalui WhatsApp-nya, hingga Jumat (5/2/2021) belum bersedia menjawab, kendati sudah bercontreng biru (pesan terbaca).

Sementara sebelumnya, Ojak Murdani Ka.BKPSDM/Kanreg XIII BKN Aceh, ketika dihubungi wartawan mengatakan, sejauh ini pihaknya belum dapat informasi terkait alasan pengangkatan Plt.Sekretaris Daerah itu.

Namun demikian, memilih pengangkatan salah satu dari 3 terbaik calon Sekda sepenuhnya kewenangan Bupati, meski penunjukkan Plt dibolehkan selama jabatan tersebut kosong.

"Selama tiga bulan dan dapat diperpanjang sekali lagi dan dalam hal ini KASN lebih berwenang," jawab Ojak.

Sedangkan saat ini, Bupati Aceh Tamiang, Mursil menugaskan Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Drs Abdullah sebagai Plt. Sekda pemerintahan itu.

Menjawab pertanyaan wartawan, menurut Kukuh Heru Yanto selaku Askom KASN menyangkut tentang penununjukan Plt.Sekda Aceh Tamiang, kemungkinan belum diangkatnya salah satu dari tiga besar yang diusulkan pansel karena adanya pengaduan masyarakat yang juga telah diterima.

Begitupun, usulan dari PPK Aceh Tamiang kepada kami untuk ditetapkan rekomendasi hasil seleksi terbuka sekretaris daerah pun sampai sekarang belum diusulkan.

"Sesuai Perpres 3 Tahun 2018 untuk mengisi kekosongan jabatan Sekda, maka seharusnya PPK mengangkat Pj Sekda, sehingga kewenanganya sama dengan sekda definitif, sambil nunggu sekda definitifnya terpilih dan tidak mengangkat Plt. Sekda yang kewenangannya terbatas," jelas Kukuh.

Ditambahkan, pihaknya berencana ingin mengklarifikasi kebenaran pengaduan masyarakat tersebut ketika Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang mengusulkan rekomendasi hasil seleksi terbuka (selternya).

"Kami agendakan apakah akan klarifikasi virtual atau mengundang mereka ke Jakarta atau kami yang kesana," pungkas Kukuh Heru Yanto.

Rubrik:Daerah, Politik, Umum
jmsi bank aceh
JMSI BPKA
JMSI