Breaking News

Dilumpuhkan Timah Panas Karena Melawan

Polres Aceh Jaya Tangkap Dua Pelaku Curat Lintas Kabupaten

Polres Aceh Jaya Tangkap Dua Pelaku Curat Lintas Kabupaten
Kasat Reskrim Polres Aceh Jaya, AKP Miftahuda Dhiza Fezuono didampingi anggotanya saat memberikan keterangan terkait curat di Kecamatan Krueng Sabee, Aceh Jaya. (Ist)

CALANG, ACEHPORTAL.com - Personel Sat Reskrim Polres Aceh Jaya menangkap dua pelaku pencurian dengan pemberatan (Curat) lintas kabupaten yang terjadi di kawasan Kecamatan Krueng Sabee, Aceh Jaya, Kamis (3/6/2021) sore lalu.

Dimana, kedua pelaku diketahui mencuri uang senilai Rp 50 juta di dalam mobil korbannya yang sedang terparkir. Uang yang dicuri kedua pelaku merupakan uang dana desa milik Gampong Ligan, Kecamatan Sampoiniet, Aceh Jaya.

Kapolres Aceh Jaya, AKBP Harlan Amir melalui Kasat Reskrim, AKP Miftahuda Dhiza Fezuono mengungkapkan, kedua pelaku diamankan di sebuah losmen yang berada di Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat.

"Kedua tersangka berinisial AS (38) dan DA (29) yang merupakan warga asal Sumatera Selatan, sementara korban yakni Sahen (48), warga Kecamatan Sampoiniet, Aceh Jaya," ujarnya Jumat (11/6/2021) malam.

Peristiwa pencurian berawal saat korban mengunjungi sanak saudaranya di Kecamatan Krueng Sabee. Sebelumnya, korban beserta istri telah menarik uang senilai Rp 50 juta dari Bank Aceh Syariah di Aceh Jaya yang merupakan dana desa milik gampongnya.

"Uang itu diduga dana desa milik gampongnya, hal ini diketahui dari hasil pemeriksaan terhadap saksi. Uang diletakkan dalam mobil korban jenis Mitsubishi TS bernopol BL 8390 LM yang diparkir dalam keadaan kaca terbuka, diduga para pelaku telah membuntuti korban saat penarikan uang," ungkapnya.

Sesaat kemudian, korban melihat mobil seperti bergerak. Merasa curiga, Sahen pun menghampiri mobilnya dan melihat dua orang tidak dikenal masuk ke mobil yang kemudian bergegas melarikan diri saat korban menghampiri.

"Uang tersebut sudah tidak ada lagi, korban lalu melaporkan kejadiaan ini ke Mapolres Aceh Jaya," kata Kasat.

Menerima informasi ini, Sat Reskrim Polres Aceh Jaya langsung melakukan penyelidikan. Informasi pencurian itu pun disebarkan ke setiap Polsek jajaran Polres Aceh Jaya agar pelaku yang diduga kabur ke Aceh Barat dapat ditangkap meski gagal.

Aksi kedua pelaku tersebut, sambung Dhiza, sempat terekam kamera CCTV hingga memudahkan polisi mengetahui ciri-ciri keduanya untuk melakukan penangkapan.

"Selanjutnya kita berkoordinasi dengan Polres Aceh Barat dan melakukan pengejaran ke Aceh Barat, disana kita menyisir lokasi-lokasi tempat peristirahatan bagi orang yang melakukan perjalanan antar kabupaten seperti masjid, warung kopi atau warung makan hingga penginapan," jelasnya.

Petugas akhirnya menemukan kedua pelaku di sebuah losmen yang berada di Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat. Mereka diboyong kembali ke Polres Aceh Jaya untuk diproses hukum atas apa yang diperbuat.

Namun di perjalanan kembali ke Aceh Jaya kedua pelaku menyerang petugas saat berpura-pura hendak buang air kecil. Salah satu anggota pun sempat menerima pukulan.

Akhirnya dengan berbagai pertimbangan, dilakukan tindakan tegas terukur dengan melumpuhkan keduanya menggunakan timah panas. Kedua pelaku sempat mendapatkan penanganan medis sebelum akhirnya ditahan di Mapolres Aceh Jaya.

"Kedua pelaku diketahui kerap beraksi di berbagai kabupaten seperti Bireuen, Nagan Raya, Abdya dan Aceh Utara, modus yang dilakukan saat beraksi sama, uang yang dicuri sebagian telah digunakan untuk kebutuhan ekonomi termasuk dikirim ke keluarganya di kampung, sisanya yang dapat kita amankan senilai Rp 39 juta," jelas Kasat lagi.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, para pelaku dijerat dengan Pasal 363 ayat (1) ke 4e jo Pasal 362 KUHPidana tentang Pencurian dengan Pemberatan (Curat) dengan ancaman hukuman tujuh tahun penjara.

Editor:
Rubrik:Daerah, Hukum