Polisi Temukan Tumpukan Batu Hijau Mengandung Mineral di Labuhan Haji

Polisi Temukan Tumpukan Batu Hijau Mengandung Mineral di Labuhan Haji

TAPAKTUAN, ACEHPORTAL.com - Sat Reskrim Polres Aceh Selatan menemukan tumpukan batu tambang ilegal di kawasan Gampong Gunung Rotan, Kecamatan Labuhan Haji, Aceh Selatan, Sabtu (27/3/2021) kemarin.

Tumpukan batu tambang (batu hijau yang mengandung mineral emas, tembaga dan lainnya) ilegal tak bertuan ini ditemukan atas informasi dari masyarakat.

"Untuk pemiliknya masih dalam penyelidikan lebih lanjut," ujar Kapolres Aceh Selatan, AKBP Ardanto Nugroho melalui Kasat Reskrim, Iptu Bima Nugraha Putra, Minggu (28/3/2021).

Tumpukan batu tambang ilegal itu ditemukan telah terbungkus karung ukuran lima belas kilogram dengan jumlah 633 karung. Seluruh tumpukan batu ini pun lalu diamankan ke Mapolres Aceh Selatan untuk diproses lanjut.

"633 karung hasil tambang ilegal (batu hijau) yang diduga hasil tambang mengandung mineral jenis emas, tembaga dan pengikut lainnya dengan berat lebih kurang 25 ton. Diduga tumpukan ini dikumpulkan kemudian akan dibawa dan dijual keluar Aceh Selatan," jelasnya.

Untuk diketahui, para penambang ilegal dapat dijerat Pasal 161 UU Nomor 3 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas UU Nomor 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara (Minerba).

Rubrik:Daerah, Hukum, Umum
jmsi bank aceh
JMSI BPKA
JMSI