Breaking News

Polisi Tangkap Enam Penyalahguna Narkoba di Lhokseumawe

Polisi Tangkap Enam Penyalahguna Narkoba di Lhokseumawe
Konferensi pers di Mapolres Lhokseumawe terkait kasus penyalahgunaan narkotika. (Ist)

LHOKSEUMAWE, ACEHPORTAL.com - Personel Sat Resnarkoba Polres Lhokseumawe mengamankan enam pelaku penyalahgunaan narkotika di wilayah Lhokseumawe.

Mereka ditangkap di lokasi terpisah serta waktu yang berbeda atas informasi dari masyarakat.

Kapolres Lhokseumawe, AKBP Eko Hartanto didampingi Wakapolres, Kompol Raja Gunawan dan Kasat Resnarkoba, Iptu Wisnugraha Paramaartha mengungkapkan, tersangka pertama yakni NS (29) yang merupakan warga Lhokseumawe.

Tersangka NS ditangkap petugas di kawasan Kecamatan Muara Dua, Lhokseumawe pada Senin (12/4/2021) malam sekitar pukul 23.00 WIB.

Dalam kasus ini, diamankan barang bukti sebuah kardus yang di dalamnya berisi tiga bungkus bubuk kopi berisi tiga bungkus ganja kering dibalut aluminium foil.

Selain itu, petugas juga mengamankan sebuah kotak makanan, handphone serta barang bukti yang lainnya.

"Berawal saat petugas jasa pengiriman barang JNT menghubungi polisi memberitahukan ada seorang laki-laki yang mengirim paket mencurigakan dengan tujuan Cakung Barat, Jakarta Timur. Dari laporan itu kita tindaklanjuti, saat diperiksa diketahui berisi ganja dan akhirnya pelaku diamankan," ungkapnya.

Dari hasil pemeriksaan, diketahui NS membeli ganja itu dari seseorang berinisial CL (DPO), seharga Rp 500 ribu. Ganja itu, akan dijual kepada A (DPO) seharga Rp 1,5 juta.

"Saat melakukan pengembangan kasus ditemukan barang bukti ganja lainnya di rumah tersangka, kini ia masih diamankan," jelasnya.

*Tiga Pengguna Sabun Digerebek

Selanjutnya, tim Sat Resnarkoba Polres Lhokseumawe menggerebek sebuah gubuk yang kerap dijadikan sebagai tempat untuk berpesta sabu.

Penggerebekan dilakukan di kawasan Kecamatan Banda Sakti, Jumat (16/4/2021) kemarin.

Tiga pelaku diamankan yakni TS (43), SW (28) serta RT (20) yang merupakan warga Lhokseumawe. Mereka ditangkap bersama barang bukti satu kaca pirek berisi sabu, alat isap serta lainnya.

"Dari informasi masyarakat penggerebekan ini dilakukan, mereka mengaku sabu didapatkan dari DEK (DPO)," ungkapnya lagi.

*Simpan Sabu, Dua Lelaki Diamankan

Selain itu, petugas juga menangkap dua orang lainnya terkait penyalahgunaan narkotika.

Keduanya ditangkap polisi atas informasi masyarakat yang menyebutkan tentang adanya orang yang menyimpan sabu dalam jumlah besar.

Kasat mengatakan, penangkapan ini dilakukan pada Sabtu (17/4/2021) siang di kawasan Kecamatan Blang Mangat, Lhokseumawe serta Kecamatan Juta Makmur, Aceh Utara.

"Tersangka berinisial MA (32) dan JL (48) yang merupakan warga Aceh Utara. Barang bukti yang diamankan yakni satu paket besar sabu serta sejumlah handphone," kata dia.

Dijelaskan, awalnya pelaku yang ditangkap adalah MA. Polisi yang mengembangkan kasus juga menangkap JL. Diketahui, sabu berjumlah besar dibeli MA dari JL seharga Rp 34 juta 

"Sementara pengakuan JL sabu itu didapat dari seorang teman yang tidak diketahui identitasnya seharga Rp 30 juta," tambahnya.

Para tersangka penyalahgunaan narkoba itu dijerat Pasal 114 ayat (2) jo Pasal 112 ayat (2 UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Editor:
Rubrik:Daerah, Hukum, Umum
Iklan idul fitri gub
Iklan bub gayo lues