Breaking News

Polisi dan Pihak Terkait Antisipasi Agar Imigran Gelap Rohingya Tak Masuk ke Aceh

Polisi dan Pihak Terkait Antisipasi Agar Imigran Gelap Rohingya Tak Masuk ke Aceh

Banda Aceh, Acehportal.com - Dikabarkan, ratusan imigran gelap Rohingya lagi-lagi berada di dekat perairan Aceh dan kemungkinan besar akan kembali masuk ke daratan Tanah Rencong.

Dir Polairud Polda Aceh, Kombes Pol Soelistijono yang dikonfirmasi, Senin (19/10/2020), mengatakan, pihaknya belum menerima informasi tersebut. Bahkan, rombongan Rohingya juga belum terpantau.

"Belum ada, sejak Sabtu malam hingga Minggu pagi anggota baru ke pinggir (berlabuh usai patroli) belum ada menemukan," ujar Direktur.

Bahkan, hingga patroli laut yang dilakukan Minggu kemarin, pihaknya juga belum menemukan adanya imigran Rohingya yang masuk ke perairan Aceh. Begitu juga dengan pengakuan para nelayan yang melaut kepada petugas yang patroli.

"Minggu kemarin sampai sore kita juga tanyakan kepada nelayan yang pulang melaut juga tidak ada. Pagi ini anggota masih patroli ke tengah untuk terus monitor info tersebut, namun belum ditemukan dan nelayan juga belum lihat kapal yang dimaksud," jelasnya.

Kepolisian bersama sejumlah pihak terkait lainnya pun melakukan antisipasi agar para imigran gelap ini tidak masuk ke Aceh. Ini dilakukan, mengingat daya tampung imigran Rohingya seperti di Lhokseumawe tidak memadai.

"Intinya kita berupaya jangan sampai masuk, mengingat daya tampung imigran gelap yang di Lhokseumawe sudak tidak bisa lagi, pemerintah akan kesulitan nantinya dalam mengurus hal ini, kita bersama unsur terkait tetap berupaya semaksimal mungkin," paparnya.

Sebelumnya diberitakan, informasi yang diperoleh bahwa ada kapal asing yang mengangkut sekitar 250 orang imigran Rohingya mendekati perairan Aceh.

Hal ini juga sempat diungkapkan Sekretaris Lembaga Panglima Laot Aceh, Miftach Cut Adek berdasarkan pengakuan nelayan saat melaut.

Sementara, Kapolres Lhokseumawe, AKBP Eko Hartanto juga mengaku belum mendapatkan informasi adanya imigran gelap Rohingya yang mendekati atau masuk ke perairan Aceh.

Rubrik:Umum