PMB STAIN Meulaboh Telah Dibuka dan Menampung 1.000 Kuota Maba

PMB STAIN Meulaboh Telah Dibuka dan Menampung 1.000 Kuota Maba

HUMAS, STAIN Meulaboh,Aceh Portal- Penerimaan Mahasiswa Baru Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Teungku Dirundeng Meulaboh tahun akademik 2021/2022 telah dibuka dan akan menampung calon mahasiswa baru sebanyak 1.000 kuota. Sabtu, 23 Januari 2021

PMB tahun ini sama dengan tahun sebelumnya, yaitu melalui tiga jalur pendaftaran. Pertama jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) dan kedua Ujian Masuk (UM) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN), selanjutnya melalui jalur Mandiri, ujar Mukhsinuddin, S.Ag., MM Ketua Panitia Pelaksana sekaligus Wakil Ketua Bidang Akademik dan Kelembagaan.

Mukhsinuddin menambahkan, untuk jalur SPAN PTKIN mulai pengisian data dari Sekolah/Madrasah terlebih dahulu mulai tanggal 19 Januari hingga 17 Februari 2021, pendaftaran tanggal 19 Februari sampai dengan 15 Maret 2021, seleksi dari tanggal 19 - 29 Maret 2021 dan akan diumumkan pada tanggal 5 April 2021.

Sedangkan jalur UM PTKIN, sambung Mukhsinuddin, pendaftaran dan pembayaran akan dimulai pada tanggal 1 April hingga 6 Mei 2021, pelaksanaan ujian secara Sistem Seleksi Elektronik (SSE) tanggal 24 Mei sampai dengan 2 Juni 2021 dan pengumuman pada tanggal 17 Juni 2021.

"Teknis kedua jalur tersebut nantinya akan dilaksanakan secara online oleh panitia nasional dan akan diumumkan di laman masing-masing jalur, hal ini sesuai yang disampaikan Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama dan telah disetujui serta dilaunching langsung oleh Menteri Agama, H. Yaqut Cholil Qoumas di Bandar Lampung beberapa waktu lalu," jelas Mukhsinuddin.

Sedangkan untuk jalur Mandiri nantinya akan dilaksanakan oleh institusi secara mandiri/lokal, pendaftaran akan dibuka pada tanggal 28 Juni hingga 20 Juli 2021, tes ujian tanggal 3 - 4 Agustus 2021 dan akan diumumkan kelulusan pada tanggal 9 Agustus 2021, terang Mukhsinuddin.

Sementara itu, Ketua STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh Dr. Inayatillah, M.Ag menyampaikan, semoga tahun ini penerimaan calon mahasiswa STAIN Meulaboh dalam ketiga jalur itu baik melalui SPAN-PTKIN, UM-PTKIN dan Mandiri dapat terlaksana dengan baik dan lancar untuk mendapatkan calon mahasiswa yang berkualitas, kreatif dan inovatif dalam berkarya. Ditambah lagi dengan adanya Prodi Tadris Bahasa Inggris, kita harapkan semoga prodi baru ini banyak diminati oleh calon mahasiswa nantinya.

"Untuk calon mahasiswa baru STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh agar dapat memanfaatkan jalur SPAN-PTKIN dengan sebaik-baiknya karena persentase yang disediakan jalur ini lebih besar begitu juga pada jalur UM-PTKIN, jalur ini nantinya calon mahasiswa akan bersaing secara nasional dengan jumlah 58 Perguruan Tinggi Islam Negeri yang ada di Indonesia, dan kita berharap prestasi yang dimiliki oleh calon mahasiswa dapat memberikan hasil yang memuaskan," harap Inayatillah.

jmsi bank aceh
JMSI BPKA
JMSI