Breaking News

Target 2023 Beroperasi 

PLTA Peusangan Diyakini Mampu Meningkatkan Kehandalan Listrik Aceh

PLTA Peusangan Diyakini Mampu Meningkatkan Kehandalan Listrik Aceh
GM PLN UIW Aceh tinjau pengerjaan PLTA Peusangan di Aceh Tengah

ACEH TENGAH, ACEHPORTAL.com - Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Peusangan 1 dan 2 yang berada di Kabupaten Aceh Tengah ditargetkan 2023 mulai beroperasi untuk memenuhi kebutuhan kelistrikan di Aceh.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Aceh Abdul Mukhlis mengatakan saat ini progres  pembangunan PLTA Peusangan 1 dan 2 sudah 84 persen. PLTA ini mampu menghasilkan energi listrik 88 Mega Watt (MW)

"Kita tergetkan 2023 PLTA Peusangan ini sudah masuk ke sistem. Sehingga mampu meningkatkan kehandalan listrik di Aceh," kata Abdul Muklis disela-sela peninjauan langsung pembangunan PLTA Peusangan di Aceh Tengah bersama awak media, Selasa (7/4).

Didampingi Asisten Manager Bagian Teknik pada UPP KITSUM 5 PLTA Peusangan Rahadiarta Wirawibawa, GM PLN UIW Aceh Abdul Mukhlis menyebutkan proyek PLTA Peusangan dengan kapasitas 88 MW itu mulai dikerjakan sejak tahun 1998. Awalnya proyek dengan anggatan Rp 5  triliun itu sempat terhenti akibat faktor alam seperti gempa bumi dan konflik di Aceh.

"Kemudian pada tahun 2011 pekerjaan PLTA Peusangan ini kembali di lanjutkan dengan target beroperasi dua tahun kedepan," ucapnya.

Abdul Mukhlis menambahkan pembangunan PLTA Peusangan sudah mulai banyak perkembangan. Para pekerja saat ini sedang melakukan pembuatan peletakan turbin di power house.

"Pekerjaan penempatan turbin terus kita pacu untuk pencapaian target," ujarnya.

Hadirnya PLTA Peusangan ini nantinya, lanjut Abdul Mukhlis diharapkan dapat memenuhi kebutuhan kelistrikan serta dapat mendukung investasi di provinsi Aceh.

"Dengan adanya PLTA Peusangan ini kelistrikan Aceh bisa mencapai 500 MW dan dapat meningkatkan perekonomian Aceh," ungkap GM PLN UIW Aceh Abdul Mukhlis.

Selain meninjau PLTA Peusangan, GM PLN UIW Aceh bersama rombongan melakukan kunjungan ke PLTMH Angkop II di Gampong Pepayungan Angkup, Kecamatan Silih Nara Kabupaten Aceh Tengah.

Rubrik:
jmsi bank aceh
JMSI BPKA
JMSI