Breaking News

PLN Gandeng Disdukcapil Sosialisasi Pengurusan Akta Kelahiran Desa Pedalaman Aceh Timur

PLN Gandeng Disdukcapil Sosialisasi Pengurusan Akta Kelahiran Desa Pedalaman Aceh Timur
PLN Gandeng Disdukcapil Sosialisasi Pengurusan Akta Kelahiran Desa Pedalaman Aceh Timur

BANDA ACEH, ACEHPORTAL.com - PLN UP3 Langsa bersama Disdukcapil Aceh Timur melakukan sosialisasi pengurusan akta kelahiran kepada masyarakat desa Pedalaman.  Kegiatan ini merupakan program Tanggung Jawab Sosial & Lingkungan (TJSL) PLN periode semester pertama 2021.

Kepala Disdukcapil Aceh Timur Faisal mengatakan saat ini telah dibentuk Petugas Registrasi Gampong (PRG) sebagai salah satu penunjang unsur perangkat desa dan perpanjangan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil yang bertanggungjawab/mengabdi dalam hal memberikan Pelayanan Administrasi kependudukan masyarakat sesuai UU Nomor 23 Tahun 2006.

Secara spesifik tugas PRG mendata masyarakat melalui informasi dari perangkat desa setempat, lalu mengumpulkan kelengkapan berkas yang dibutuhkan untuk selanjutnya menyerahkan ke bagian operasional Disdukcapil untuk ditindaklanjuti sesuai kebutuhan yang menjadi dasar pengurusan masyarakat.

"Peran PRG mengabdi dalam memberikan pelayanan kependudukan kepada masyarakat seperti pembuatan akte kelahiran, kartu keluarga, akte kematian, KTP. Sehingga masyarakat merasakan pelayanan yg bermutu, bebas calo dan bebas biaya pengutipan illegal," kata, Rabu (5/5).

Sementara mewakili PLN UP3 Langsa melalui Manager ULP Idi, Abdul Majid menyampaikan , program ini agar dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya terutama bagi petugas registrasi desa masing-masing dalam melakukan proses pembuatan akte kelahiran bagi masyarakat yang selama ini terkendala dengan transportasi dan lain-lain. 

"Program ini d harapkan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dalam pembuatan akta kelahiran," ucapnya. 

Dalam kesempatan itu, Abdul Majid juga melakukan sosialisasi aplikasi PLN Mobile untuk memudahkan pelanggan dalam hal pengaduan, pasang baru/tambah daya, bayar dan beli token listrik serta SWACAM (Swadaya Catat Meter) yang sangat bermanfaat bagi masyarakat dimasa pandemi ini.

"Aplikasi ini memudahkan pelanggan dalam memperoleh informasi-informasi terkait pelayanan kelistrikan," ujarnya.

Dalam kesempatan ini seluruh peserta yang belum menginstal, dibantu oleh pihak PLN hingga proses Aktivasi sebagai penggunan PLN Mobile, selanjutnya diharapkan dari seluruh PRG yang terlibat dapat membantu juga menindaklanjuti ke masyarakat gampong/desa yang menjadi binaannya.

Dari Total 17 PRG yang mewakili 17 Gampong yang ada di Kecamatan Peudawa yang hadir dalam Sosialisasi tersebut langsung menerima 210 berkas permohonan pembuatan akte kelahiran yang siap ditindaklanjuti untuk di registrasi oleh petugas operator.

Rubrik:Teknologi