Breaking News

Petugas Gabungan Tertibkan Pedagang di Depan Masjid Agung Abdya, Ini Penyebabnya

Petugas Gabungan Tertibkan Pedagang di Depan Masjid Agung Abdya, Ini Penyebabnya

Blangpidie, Acehportal.com - Petugas gabungan yang terdiri dari Satpol PP dan WH, Pengurus BKM serta personel Polres Aceh Barat Daya (Abdya) melakukan penertiban terhadap sejumlah pedagang di depan Masjid Agung Baitul Ghafur, Gampong Seunaloh, Blangpidie, Jumat (5/2/2021).

Pasalnya, penertiban sejumlah pedagang yang menjual barang dagangannya di depan Masjid Agung itu dianggap telah melanggar syiar Islam.

"Sore ini Satpol PP-WH, BKM dan personel Polres melakukan penertiban pedagang di depan Masjid Agung. Alhamdulillah berjalan lancar," ungkap Bupati Abdya, Akmal Ibrahim dalam postingan akun Facebook-nya.

Keputusan melarang jualan di depan Masjid Agung, tambah Akmal, dikarenakan sudah tahap mengganggu kenyamanan dan syiar Islam yang jadi tujuan utama masjid.

"Saat azan berkumandang dan shalat Maghrib di dalam masjid, mereka tetap berjualan kayak pasar malam. Ketika diajak berhenti sejenak dan shalat di dalam dengan cara lembut, mereka acuh bahkan marah bersikap kasar pada petugas masjid," sebutnya.

Bahkan, sambung Bupati, ada petugas yang dikejar sampai ke dalam ketika diajak berhenti berjualan sejenak untuk melaksanakan shalat di masjid.

"Saya dapat banyak protes baik dari warga Abdya maupun orang luar yang kebetulan melintas. Maka dari itu, saya mohon maaf dan berharap semua mendukung kenyamanan ibadah di Masjid Agung," kata Akmal.

"Terimakasih untuk semuanya, untuk Satpol PP-WH, BKM Masjid Agung dan pihak kepolisian," ucapnya.

Rubrik:Daerah, Umum