Breaking News

Petugas Gabungan Pengamanan Bandara Internasional SIM Kembali Gagalkan Upaya Penyeludupan Sabu

Petugas Gabungan Pengamanan Bandara Internasional SIM Kembali Gagalkan Upaya Penyeludupan Sabu
Petugas Gabungan Pengamanan Bandara Internasional SIM Kembali Gagalkan Upaya Penyeludupan Sabu. (Ist)

BANDA ACEH, ACEHPORTAL.com - Petugas gabungan pengamanan Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda kembali menggagalkan upaya penyelundupan narkotika jenis sabu, Kamis (17/6/2021).

Kali ini, sabu yang akan diselundupkan melalui kargo Bandara SIM tersebut sebanyak empat bungkus yang beratnya diperkirakan mencapai 1.020 gram (satu kilogram lebih).

Penyelundup barang haram itu menitipkan paketnya melalui salah satu perusahaan jasa pengiriman barang yang akan dikirimkan menggunakan maskapai Garuda Indonesia dengan tujuan Cengkareng.

Penemuan ini berawal saat petugas Avsec bandara memeriksa barang-barang di kargo. Saat itu, salah satu petugas melihat barang yang mencurigakan dan saat diperiksa ditemukan empat bungkus sabu beserta data pengirim dan penerima.

Temuan tersebut pun akhirnya dilaporkan ke petugas Pom AU Intel Lanud SIM serta Pospol Bandara SIM.

Dansatpom Lanud SIM, Mayor Pom Atut Pambudi menjelaskan, barang bukti yang didapat lalu diserahkan ke Sat Resnarkoba Polresta Banda Aceh yang dipimpin Kasat Resnarkoba, AKP Rustam Nawawi untuk dilakukan penyelidikan. 

Danlanud SIM, Kolonel Pnb Henri Ahmad Badawi menyampaikan, dalam mengantisipasi terjadinya penyelundupan barang terlarang seperti narkotika dan senjata api ataupun yang lainnya baik yang masuk dan keluar dari Aceh, pihaknya akan berkoordinasi dengan Polda Aceh dan jajaran untuk penanganan lebih lanjut.

"Kami Lanud Sultan Iskandar Muda dan pihak Bandara SIM selalu bersinergi memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat yang menggunakan jasa maskapai penerbangan Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda," tegasnya.

"Ini adalah penggagalan barang terlarang jenis sabu yang kedua kalinya di bulan Juni tahun 2021, dimana delapan hari sebelumnya juga pihak pam gabungan Bandara SIM telah menggagalkan penyeludupan sabu sebanyak seribu gram. Untuk itu kita selaku petugas harus selalu bekerja sama, waspada dan jeli melihat gerak gerik penguna jasa penerbangan sehingga sekecil apapun kriminal dan kejahatan di bandara khususnya Bandara SIM kita dapat atasi dan ketahui," ajak Danlanud SIM.